Pembinaan Saka Bakti Husada (SBH) Kwartir Ranting Anyar

SHARE

Pada tanggal 15 Desember 2022 dilaksanakan kegiatan Saka Bhakti Husada (SBH) Kwartir Ranting Anyar. Kegiatan yang diikuti oleh 35 orang peserta ini berjalan dengan lancar dan diisi dengan penyampaian informasi kesehatan oleh petugas. Kegiatan yang sudah berjalan secara rutin ini diharapkan dapat mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi diri dan masyarakat di lingkunganya.

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada disingkat Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya. 

Pembinaan Saka Bakti Husada (SBH) tentang pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya sebagai Investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Sasaran pembinaan Saka bakti Husada adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan Saka tersebut dapat memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam bidang kesehatan khususnya tentang Lingkungan sehat, keluarga sehat, penanggulangan penyakit, gizi, obat, perilaku hidup bersih dan sehat.