Sosialisasi Stunting di Desa Sindang Karya Kecamatan Anyar

SHARE

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Kondisi stunting yang sekarang sedang menjadi issue nasional ini menjadi pusat perhatian semua pihak baik dari pemerintah pusat sampai daerah, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dan penekanan seminimal mungkin sehingga terwujud sumber daya manusia yang sehat dan unggul.

Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah sampai ke tingkat desa salah satunya dengan cara melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, seperti pada tanggal 13 Desember 2022 dimana Puskemas Anyar yang berkoordinasi dengan unsur aparat desa setempat memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mengetahui dan memahami apa itu stunting dan cara pencegahannya agar bayi yang baru lahir terbebas dari Stunting. Rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani. Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak. Faktor lainnya yang menyebabkan stunting adalah terjadi infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, dan hipertensi. Jarak kelahiran anak yang pendek. Rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan termasuk akses sanitasi dan air bersih menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Stunting juga dapat disebabkan oleh masalah asupan gizi yang dikonsumsi selama kandungan maupun masa balita. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum masa kehamilan, serta masa nifas, terbatasnya layanan kesehatan seperti pelayanan antenatal, pelayanan post natal dan rendahnya akses makanan bergizi, rendahnya akses sanitasi dan air bersih juga merupakan penyebab stunting. Multi faktor yang sangat beragam tersebut membutuhkan intervensi yang paling menentukan yaitu pada 1000 HPK ( 1000 hari pertama kehidupan ).