Agenda Acara

No events found
 
 

BINTEK PROGRAM RTK & JAMPERSAL DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERANG TAHUN 2017

BINTEK PROGRAM RTK & JAMPERSALPertemuan Bintek Program RTK & JAMPERSAL Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang terselenggara pada tanggal 8 Agustus 2017 bertempat di Aula Dinkes Kab serang. Dalam pertemuan BINTEK ini Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Mengundang 124 Peserta yang Terdiri dari Kepala Puskesmas, Bidkor, Pengelola KIA dan Bidan Desa. Dinas Kesehatan Kabupatenserang menyiapkan rumah tunggu kelahiran (RTK) untuk memberikan pelayanan maksimal bagi ibu hamil, terutama yang berisiko tinggi dan rumah yang jauh dari puskesmas maupun rumah sakit.
Kepala Bidang KESMAS, Selasa, mengatakan bahwa program RTK merupakan salah satu program Jaminan Persalinan (Jampersal) merupakan program bantuan sosial untuk pelayanan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang tidak mempunyai jaminan apa pun.

Menurut Kasi KESGA, RTK adalah suatu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM), berupa tempat (rumah/bangunan tersendiri) yang dapat untuk tempat tinggal sementara bagi ibu hamil yang akan melahirkan hingga nifas, termasuk bayi yang dilahirkannya serta pendampingnya (suami/keluarga/kader kesehatan). Ibu dan pendampingnya mendapatkan fasilitas menginap dan makan minum gratis 3 kali sehari. RTK dikelola oleh Puskesmas lokasi RTK berada.

BINTEK PROGRAM RTK & JAMPERSAL 1 Penyediaan RTK mempertimbangkan sumber daya kesehatan di daerah dan kebutuhan lapangan, seperti jumlah sasaran ibu hamil, jumlah ibu hamil risiko tinggi, luas, dan tingkat kesulitan wilayah, jumlah tenaga kesehatan pelaksana dan lain-lain.

Adapun kriteria RTK adalah lokasi berdekatan dengan puskesmas yang mampu melakukan pertolongan persalinan dan penanganan kegawatdaruratan maternal dan neonatal (PONED) atau rumah sakit umum daerah/pusat.

Keberadaan RTK diharapkan dapat mencapai fasilitas pelayanan kesehatan kurang dari 30 menit, rumah milik penduduk atau rumah yang dibangun oleh pemerintah desa dengan fasilitas mempunyai ruangan tidur, dapur, kamar mandi, jamban, air bersih, dan ventilasi, serta sumber penerangan (listrik).

RTK di Kabupaten Serang tahun 2017 ada 16 Kecamatan dan 1 di dekat RSUDDP. Kecamatan yang ada RTK nya adalah : Anyer, Kramatwatu, Bojonegara, Pontang, Ciomas, Petir, Pamarayan, Carenang, Kragilan, Cikande, Ciruas, Baros, Cikeusal, Tunjungteja dan Jawilan.

Dalam kegiatan BINTEK ini Dinas Kesehatan memberikan arahan kepada semua puskesmas agar dapat memanfaatkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal karena dengan adanya RTK ini di harapkan dapat membantu mengurangi kematian ibu dan bayi di Kabupaten Serang. 

 

 

Disusun Oleh :
Iva Inpresari


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta