Agenda Acara

No events found
 
 

PERTEMUAN PEMBELAJARAN AMP (AUDIT MATERNAL PERINATAL) KOMUNITAS TINGKAT KABUPATEN

Pada hari Selasa tanggal 28 Nopember 2017, Seksi Kesehatan Keluarga Bidang Kesehatan Masyarakat mengadakan kegiatan Pertemuan Pembelajaran AMP Komunitas tingkat Kabupaten. Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Serang, Drs. H. Agus Erwana, M.Si. Kegiatan ini mengundang 115 orang yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, Kader dan Kepala Puskesmas serta Bidan Koordinator yang di wilayahnya ada kasus kematian ibu di tahun 2017. Narasumber kegiatan ini adalah Tim AMP Kabupaten Serang dan FOPKIA Kabupaten Serang. Adapun materi yang dibahas adalah Analisa Data Kematian Ibu dan Bayi Januari s.d Nopember 2017, Pembelajaran Kasus Kematian Ibu dan Bayi serta Rekomendasi Hasil Pengkajian serta Peran FOPKIA dalam Penyelamatan Ibu dan Bayi di Kabupaten Serang.

Dalam diskusi Bapak Sekretaris Daerah menekankan pentingnya kepedulian aparat kecamatan dan aparat desa terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya terutama kasus kesakitan dan kematian ibu dan bayi. Indikator AKI dan AKB ini akan menjadi salahsatu dasar penilaian kinerja Camat dan Kepala Desa. Sangat dibutuhkan komitmen, strategi yang tepat dan kerjasama yang erat antara pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penurunan jumlah kematian ibu dan bayi di Kabupaten Serang. Hal ini mengingat jumlah kematian ibu sampai Nopember sudah 52 orang dan kematian bayi sudah 230 orang sampai Oktober 2017.

Dengan kegiatan ini diharapkan adanya pembelajaran dari kasus-kasus kematian baik pada ibu maupun bayi sehingga tidak terulang lagi kematian dengan penyebab yang sama. Dalam Rencana Tindak Lanjut disepakati adanya pembinaan dan pengawasan terhadap para dukun paraji agar tidak menolong persalinan lagi dan harus menjalankan kemitraan dengan Bidan Desa. Hal ini mengemuka karena masih ada persalinan yang ditolong oleh dukun dan berakibat kematian pada ibu maupun bayi di Kabupaten Serang.         


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta