Agenda Acara

No events found
 
 

Pertemuan Kolaborasi TB Dan HIV Dinas Kesehatan Kabupaten Serang

PERTEMUAN KOLABORASI TB DAN HIVPerkembangan epidemi HIV di Indonesia, termasuk yang tercepat di kawasan Asia, sementara jumlah kasus TB menempatkan Indonesia sebagai negara ke dua setelah India dengan kasus TB terbanyak di dunia. Epidemi HIV merupakan tantangan bagi keberhasilan penanggulangan TB dan sebaliknya TB merupakan penyebab utama kematian pada ODHA. Kolaborasi kegiatan bagi kedua program merupakan keharusan agar mampu menanggulangi kedua penyakit tersebut secara efektif dan efisien. Setiap pasien TB disarankan untuk melakukan tes HIV sedangkan semua pasien HIV dalam setiap kunjungan wajib dilakukan skrining tanda dan gejala TB.
Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Mengadakan Pertemuan Kolaborasi TB dan HIV pada tanggal 11 Agustus 2017 bertempat di Lantai Dua Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang di ikuti oleh 32 Petugas TB & HIV. Pertemuan membahas mengenai perkembangan HIV dan TB yang terdapat di Kabupaten Serang Serta cara pemecahan masalah mengenai HIV dan TB.    

 

PERTEMUAN KOLABORASI TB DAN HIV 1Arahan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang diwakili oleh Kepala Bidang Bindal P2PL dr Riris pada pertemuan Kolaborasi TB-HIV  yang dihadiri pengelola program TB dan pengelola program HIV kabupaten Serang di setiap puskesmas.

Permasalahan  TB dan HIV/AIDS mengharuskan semua pihak untuk berkomitmen dan bekerjasama dalam penanggulangan TB dan HIV/AIDS. Kerugian yang diakibatkan oleh TB dan HIV AIDS sangat besar, bukan hanya dari aspek kesehatan tetapi juga dari aspek sosial maupun ekonomi.
Pertemuan Kolaborasi TB-HIV bertujuan untuk membangun jejaring kolaborasi TB-HIV dan Meningkatkan pelayanan pemeriksaan HIV dan tes cepat TB  serta membahas  Diagnosis TB-HIV dan Alur Jejaring Rujukan Pasien TB dan HIV pada Tes Cepat Molekuler (TCM) Hal lain yang ditekankan dalam pertemuan untuk ditindaklanjuti di daerah adalah perlunya perencanaan strategis dengan mempertimbangkan kemampuan sumber daya dan kondisi spesifik wilayah termasuk pertimbangan tingkat epidemi HIV.

 


Disusun oleh :
Iva Inpresari


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta