Agenda Acara

No events found
 
 

Peningkatan Kapasitas Kader Keswamas Dinas Kesehatan Kabupaten Serang

Keswamas 1Keberadaan Kader di Desa yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di Desa Kader dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di berbagai wilayah di setiap RW.

Dengan melihat potensi semacam itu maka sudah selayaknya dukungan terhadap Kader yang ada di Desa perlu diberikan, sehingga Kader yang ada bisa lebih optimal dalam rangka kegiatan kesehatan di desa-desa. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi tujuan itu adalah dengan meningkatkan kapasitas pengelola dan kader. Kebutuhan itu sangat dirasakan betul karena para pengelola dan kader memang sangat diperlukan dalam kegiatan di setiap desa-desa karna dengan adanya kader semua kegiatan yang ada bisa di bantu dengan adanya kader bisa membantu para petugas pencegahan dan pengendalian penyakit dalam menyipakan kegiatan.

Kader juga dapat menginformasikan bila mana ada sebuah kejadian atau ada masyarakat yang mengalami suatau permasalahan kesehatan. Dengan latar belakang seperti itulah Dinas Kesehatan Mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas kader Keswamas. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari (04-07 September 2017) dengan jumlah peserta 160 orang yang meliputi Kader Keswamas dan Lintas Sektor. Pertemuan ini Bertujuan untuk:
1. Meningkatkan kemampuan kader dalam pengelolaan Kader
2. Meningkatkan kemampuan kader dalam proses pemantauan terhadap masyarakat di Desa.
3. Menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan dalam menganalisa penyakit dengan mencegah terjadinya sumber penyakit di desa.
4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit.
Keswamas 2Proses kegiatan berjalan sangat baik dilihat dari semangat para peserta dan juga narasumber maupun kepanitiaan. Hal ini bisa dilihat dari jawaban peserta pada lembar evaluasi yang berisi tingkat kepuasan peserta, harapan, kendala dan telah terbentuknya kepengurusan tingkat desa.
Kegiatan yang di lakukan di Puskesmas Cinangka Ds. Karang Suraga Kp. Kosambi 1 peserta yang hadir Kader Keswamas dan Lintas Sektor.
Diantara harapan yang muncul dari lembar evaluasi adalah terus diadakannya pelatihan secara berkala dan pertemuan rutin antar kader-Kader yang di fasilitasi oleh Pemerintah. Selain itu, diharapkan juga agar Pemerintah Desa ikut mendukung proses regenerasi kader karena selama ini pengelola merasa kesulitan mencari orang mau menjadi kader.

 

 

Disusun Oleh :
Iva Inpresari


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta