Proses Pengembangan Simkes-Online

monev sik (1)Sistem Informasi Kesehatan (SIK) adalah integrasi antara perangkat, prosedur dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Dinas kesehatan kabupaten serang yang sudah memiliki sebuah aplikasi SIK berbasis Web yang sudah breadging dengan P’Care (BPJS) yang bernama SIMKES-Online dan merupakan aplikasi yang saat ini ada serta digunakan oleh 31 Puskesmas yang ada di Kabupaten Serang. Simkes-Online adalah aplikasi yang dibuat oleh team IT Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang diperuntukkan membantu mempermudah petugas di Puskesmas dalam melaksanakan tugasnya.

Pengembangan software aplikasi Simkes-Online selalu up-date dilakukan oleh tim IT yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, seperti halnya pada pagi ini Rabu 27 September 2017 tim IT menemui Kepala Bidang Yankes drg. Agus Sukmayadi, Kasie Yandas dr. H. Selamet dan beberapa orang pelaksana yang ada di seksi tersebut untuk membicarakan tentang ketentuan yang saat ini di pakai oleh Puskesmas untuk ruang pemeriksaan, kartu status pasien serta penyimpanan kartu status pasien tersebut.
drg. Agus Sukmayadi menjelaskan bahwa ketentuan ruang pemeriksaan yang harus ada di tempat pelayanan Puskesmas disesuaikan dengan PMK No. 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas. Beliau menjelaskan bahwa di dalam PMK 75 Tahun 2014 disebutkan bahwa ruangan yang harus tersedia untuk pelayanan di Puskesmas adalah:
1. Ruang Pemeriksaan Umum
2. Ruang Tindakan Dan Ruang Gawat Darurat
3. Ruang Kesehatan Ibu, Anak (KIA), Dan Imunisasi
4. Ruang Persalinan
5. Ruang Rawat Pasca Persalinan
6. Ruang Kesehatan Gigi Dan Mulut
7. Ruang Promosi Kesehatan
8. Ruang ASI
9. Laboratorium
10. Ruang Farmasi
11. Ruang Rawat Inap
12. Ruang Sterilisasi
13. Jaringan Pelayanan Puskesmas, Terdiri Dari: Puskesmas Keliling, Puskesmas Pembantu Dan Bidan Desa

monev sik (2)monev sik (3)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dr. H. Selamet menambahkan bahwa ruangan yang wajib tersedia tersebut boleh dikembangkan lagi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan dari masing-masing wilayah puskesmas tersebut, hal ini dikarenakan di setiap wilayah puskesmas memiliki kemampuan yang berbeda baik dari sarana prasarana, SDMK yang tersedia serta kondisi masyarakat di wilayah tersebut, beliau juga menambahkan bahwa sudah ada beberapa puskesmas yang ada di Kabupaten Serang yang sudah melakukan beberapa pengembangan untuk penyediaan ruang pemeriksaan tersebut.
Sedangkan untuk pengaturan kartu status pasien dan penyimpanannya, kepala seksi pelayanan dasar menyampaikan bahwa Menurut Permenkes No. 269/MENKES/PER/III/2008 Pasal 3 ayat (1) antara lain: isi rekam medis untuk rawat jalan adalah identitas pasien, tanggal dan waktu, hasil anamnesis (mencakup sekurang-kurangnya keluhan dan riwayat penyakit), hasil pemeriksaan fisik dan penunjang medis, diagnosis, rencana penatalaksanaan pengobatan atau tindakan, untuk pasien gigi dilengkapi odontogram klinik, persetujuan tindakan bila perlu, serta pelayanan lain yang diberikan kepada pasien.

Untuk pengelolaan rekam medis di Puskesmas yang paling tepat adalah sistem penyimpanan wilayah atau sering disebut dengan sistem family folder. Umumnya dalam satu rekam medis digunakan oleh satu keluarga dan dimasing-masing formulir diberi tambahan kode khusus untuk menandai kode rekam medis ayah, ibu, dan anak. Pengelolaan rekam medis ini digunakan Puskesmas karena terkait dengan tugas Puskesmas yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya sehingga dengan sistem ini akan diketahui banyaknya masyarakat yang berobat atau sakit dari masing-masing wilayah dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan penanganan kesehatan diwilayah tersebut baik oleh Puskesmas maupun Dinas Kesehatan.

Hasil diskusi pagi ini langsung ditindaklanjuti oleh tim IT Dinkes ke dalam software Simkes-Online sehingga puskesmas dapat langsung menggunakannya sesuai dengan peraturan yang berlaku saai ini. Tim IT ini terbuka menerima setiap usulan yang datang dari pengguna aplikasi Simkes-Online yaitu puskesmas dan langsung mengaplikasikannya ke dalam software tersebut.