Agenda Acara

No events found
 
 

Supervisi Program TB Paru Puskesmas Cinangka

monev cinangka (1)Hari ini Senin 4 Oktober 2017 Tim UPT PTB Paru Dinas Kesehatan kabupaten Serang melakukan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi ke Puskesmas Cinangka. Puskesmas Cinangka termasuk 5 besar puskesmas di Kabupaten Serang dalam penemuan suspek kasus TB dan peringkat pertama untuk penemuan kasus TB Paru.

Puskesmas Cinangka sampai dengan triwulan 3 ini telah menemukan suspek TB 200 orang (Laki-laki 100, Perempuan 100) dari sasaran 165 dalam setahun, hal ini terjadi karena baik petugas maupun kader yang ada proaktif dalam mencari kasus. Puskesmas Cinangka ini juga termasuk puskesmas binaan Aisyiyah yaitu salah satu organisasi masyarakat lokal yang dipercaya dan dipilih untuk mendapatkan dana hibah melalui Global Fund for AIDS, Tuberculosis and Malaria (GF ATM) dengan menjadi principal recipient atau pengelola dana langsung.

Pada kegiatan kali ini juga tim mendapatkan laporan bahwa di puskesmas Cinangka sampai saat ini terdapat 2 kasus kambuhan (katagori 2) yang penanganannya melalui suntikan, dan biasanya terjadi karena pasien yang sedang melakukan pengobatan bekerja di kota yang terputus pengobatannya saat berangkat kembali bekerja di kota, juga didapat 5 kasus TB baru yang diobati tetapi setelah crosscek ke UPT Labrikes hasilnya negative (-).
Pada akhir pertemuan Kepala UPT PTB Bapak Padri memberikan penjelasan hasil kegiatan hari ini antara lain:
1. Puskesmas Cinangka walaupun hanya memiliki laboratorium yang hanya bisa memeriksa dahak saja tetapi dalam melakukan pemeriksaan harus tetap bisa memaksimalkan kinerja petugasnya;
2. Ketelitian petugas dalam pemeriksaan penentuan kasus TB Paru harus betul-betul dilaksanakan, bila perlu crosscheck ke RSDP, kesalahan akan berakibat buruk bagi pasien;
3. Untuk pasien kasus TB apalagi pada ibu hamil koordinasikan dengan program lain yang terkait antara lain HIV/AIDS;
4. Kader Aisyiyah yang merupakan kunci kesuksesan program TB di puskesmas Cinangka harus selalu dilibatkan dalam kegiatan pengendalian kasus TB. Bila perlu dilatih/magang di UPT Labrikes.
Keterlibatan semua sumber daya yang ada di puskesmas dapat memaksimalkan kinerja, seperti yang ada di puskesmas Ciangka. Walaupun banyak keterbatasan baik dalam segi sarana prasarana serta petugas akan tetapi dengan adanya kerja sama tim yang baik maka akan didapat hasil yang sesuai dengan harapan.

monev cinangka (3)monev cinangka (2)

 


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta