Agenda Acara

No events found
 
 

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini bojo (7)

Upaya untuk mencegah terjadinya anemia saat melahirkan terus dilakukan Puskesmas Bojonegara dengan cara mengkampanyekan pentingnya pemberian tablet Fe atau zat besi pada remaja putri di sekolah-sekolah SLTP dan SLTA di wilayah Kecamatan Bojonegara.

dr. Sumeri selaku Kepala Puskesmas Bojonegara mengatakan: Kurangnya pemahaman Ibu hamil terhadap resiko persalinan menyebabkan tingginya angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Serang. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pengetahuan terhadap anemia zat gizi besi atau kurang darah saat melahirkan. Padahal kondisi tersebut sangat rentan menyebabkan kematian pada bayi dan ibu.

Perihatin terhadap kondisi tersebut pada bulan Mei 2017 lalu Puskesmas Bojonegara melakukan penandatanganan memorandum of understunding (MOU) dengan sekolah dalam rangka pemberian tablet Fe yaitu zat penambah darah bagi remaja putri agar terhindar dari anemia. “Kita sedang gencar melakukan pemberian tablet Fe bagi remaja putri di sekolah kata Fatmawati, Petugas gizi Pusesmas Bojonegara. Dijadikannya anak-anak SMA sebagai objek kampanye pemberian tablet Fe agar mereka mengetahui sejak dini pentingnya memiliki kadar Hb (Hemoglobin) dalam batas normal saat proses persalinan” Agar remaja putri lebih berperan aktif dan mandiri mengajak remaja putri lainnya dalam program tersebut maka pihak puskesmas membentuk Duta Anemia yang diberi nama PERMATA Fe yang artinya pelajar mengenal dan memahami tablet Fe yang tujuannya selain berperan aktif dan mandiri remaja putri lebih mengetahui penting nya minum tablet Fe secara rutin bagi kesehatan tubuhnya sehingga terhindar dari anemia dan meningkat prestasi belajar.


Ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut baik dana maupun ketersediaan tablet Fe sehingga kegiatan berjalan lancar.

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini bojo (5)

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini bojo (4)

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini bojo (1)

Gencar Kampanyekan Tablet Fe Sejak Dini bojo (3)


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta