Agenda Acara

No events found
 
 

PERTEMUAN KOORDINASI LINTAS SEKTOR DALAM AKSELERASI PENURUNAN AKI DAN AKB KABUAPTEN SERANG

Arah Pembangunan Kabupaten Serang adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM sangat ditentukan oleh Usia Harapan Hidup (UHH). UHH ditentukan oleh AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi).

Di Indonesia AKI sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI 2012). Bila diibaratkan maka setiap tahun di Indonesia ada 40 pesawat Boeing 777 jatuh dengan masing-masing 400 penumpang Ibu Hamil/melahirkan/nifas di dalamnya meninggal dunia. Di Indonesia kita tercinta ini dalam seminggu ada 310 kematian ibu, sehari 44 kematian ibu dan setiap jam ada 1-2 kasus kematian ibu. Di Kabupaten Serang tahun 2016 tercatat 59 kasus kematian ibu dan 190 kasus kematian bayi. Luar biasa berat permasalahan ini...

Di Kabupaten Serang tahun 2017 diperkirakan ada 31.768 ibu hamil dan 30.320 bayi yang harus diselamatkan hidupnya. Gerakan penyelamatan ibu dan bayi di Kabupaten Serang berusaha keras mempercepat upaya penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang. Dalam upaya tersebut sangat diperlukan peran aktif lintas sektor terkait. Oleh karena itu pada tanggal 25 Oktober 2017, Seksi Kesga Bidang Kesmas Dinas Kesehatan kabupaten Serang mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang. Tujuan pertemuan ini adalah menggalang komitmen dan peran aktif lintas sektor terkait dalam upaya percepatan penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang. Dalam pertemuan ini diundang 100 orang lintas sektor yang terdiri dari OPD terkait di lingkungan pemda Kabupaten Serang, semua Camat dan semua Kepala Puskesmas serta lntas program di Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.

Materi yang disampaikan adalah Analisa dan Kematian Ibu dan Bayi  Kabupaten Serang tahun 2017 (sampai bulan September), Rencana Aksi Daerah Akselerasi Penurunan AKI dan AKB Kabupaten Serang, Peran Disdukcapil dalam Akselerasi Penurunan AKI dan AKB Kabupaten Serang melalui Program Lahir di Fasilitas Kesehatan Pulang Langsung Bawa Akte Kelahiran dan KK baru secara Gratis. Kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut adalah Kecamatan dan Desa akan membuat Rencana Aksi Akselerasi Penurunanan Kematian Ibu dan Bayi di Kecamatan dan Desa masing-masing. Diharapkan dengan pertemuan ini benar-benar terjalin sinergi dan koordinasi sehingga efektif dan efisien dalam berbagi peran dalam penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang.


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

virus covid19

 

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta