Agenda Acara

No events found
 
 

Puskesmas Bojonegara dengan Pelayanan Ramah Anak

Anak  merupakan tumpuan bangsa dan negara di masa depan. Perhatian kepada anak menjadi penting dikarenakan mereka sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu bertumbuh kembang dengian baik dan optimal. UPT Puskesmas Bojonegara sedang berbenah diri untuk menjadi Puskesmas Ramah Anak (PRA) dengan tujuannya agar pertumbuhan anak dijamin pemerintah dan anak terlindungi dari ekploitasi. Menurut UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dan UU No. 5 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan perlindungan anak, yaitu: agama, kesehatan, pendidikan, sosial, dan perlindungan khusus. Sedangkan hak anak yang wajib dipenuhi adalah hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Oleh karena itu Puskesmas Bojonegara juga ikut serta dalam mengembangkan inovasi pelayanan kesehatan ramah anak baik indor maupun outdor. Taman ramah anak indor yang sudah dibuat adalah taman ramah anak AKSI (Aktif, Kreatif, Sehat dan Imajinatif). Dengan harapan dibentuknya taman ramah anak AKSI selain aktif, kreatif tetapi juga dalam kondisi badan yang sehat serta memiliki imajinasi yang tinggi sehingga menjadikan penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas.

 

Puskesmas Layanan Ramah Anak adalah Puskesmas yang mengedepankan pelayanan yang ramah kepada anak, baik kepada anak yang sedang berobat ataupun anak sehat yang sedang berkunjung ke puskesmas. Upaya Kesehatan di Puskesmas Bojonegara sebagai Puskesmas Layanan Ramah Anak meliputi UKP (Upaya Kesehaan Perorangan), UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) dart Upaya Kegiatan Penunjang Kesehatan.

I.     UKP (Upaya Kesehatan Perorangan)
        Adalah upaya kesehatan yang dilakukan dan ditujukan kepada kesehatan perorangan. Adapun pelayanan kesehatan perorangan                        khususnya layanan ramah anak disini antara lain :
        a.  Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak
        b.  Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit termasuk Manajemen Terpadu Balita Muda
        c.  Pelayanan Deteksi Dini Tumbuh Kembang
        e.  Pelayanan konsultasi : konsultasi kesehatan lingkungan, konsultasi gizi dan konsultasi anak

II.   UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat)
       Adalah upaya kesehatan yang dilakukan dan ditujukan kepada kesehatan masyakarat. Diharapkan derajat kesehatan masyarakat                     meningkat dengan adanya upaya promotif dan preventif. Adapun pelayanan kesehatan masyarakat khususnya layanan ramah anak disini           antara lain kegiatan yang berada di luar gedung Puskesmas, antara lain :
        a.  Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja
        b.  Upaya Kesehatan Sekolah
        c.  Upaya Kesehatan Gigi Sekolah
        d.  Deteksi Dini Tumbuh Kembang
        e.  Pemeriksaan gigi di Taman Kanak-Kanak dan PAUD
        f.  Pemeriksaan Hb dan pemberian Tablet tambah darah pada remaja puteri
        g.  Posyandu Balita
        h.  Lomba Balita Sehat

III. Upaya Kegiatan Penunjang Kesehatan
       Adalah upaya kegiatan lain yang menunjang peiayanan kesehatan termasuk menjalankan program kesehatan yang dicanangkan oleh                    pernerintah. Adapun kegiatan penunjang layanan ramah anak disini antara lain :
        a. Pojok Laktasi
        b. Pojok Oralit
        c. Kelas Ibu Hamil
        d. Kelas Ibu Balita
        e. Ruang bermain anak (AKSI)
        f. Taman bermain anak

WhatsApp Image 2018 05 04 at 09.06.42

WhatsApp Image 2018 05 04 at 09.06.40

WhatsApp Image 2018 05 04 at 09.06.40


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

virus covid19

 

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta