Agenda Acara

No events found
 
 

Pengambilan Sampel Darah Biomedis Riskesdas 2018

Pengambilan SAMPEL 3Riskesdas merupakan penelitian bidang kesehatan berbasis komunitas yang datanya menggambarkan tingkat nasional sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota. Riskesdas dilaksanakan secara rutin setiap 5 tahun sekali. Riskesdas 2018 selain pengumpulan data wawancara dan pengukuran, juga mengumpulkan data pemeriksaan darah. Total BS untuk pelaksanaan pemeriksaan darah di Kabupaten Serang sebanyak 23 BS salah satu diantaranya BS Panunggulan Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang provinsi Banten. 

Blok Sampel (BS) Panunggulan di laksanakan pada hari terakhir pengumpulan data pada tanggal 12 Mei 2018 pukul 09.00 sampai dengan selesai bertempat di kantor Kepala Desa Panunggulan. Sebelum kegiatan BS Biomedis dilaksanakan sehari sebelumnya tim enumerator memberitahukan kepada responden untuk berpuasa sebelum pengambilan darah minimal 10 jam. Jumlah responden yang datang sebanyak 29 orang.

Respoden datang ke pendaftaran kemudian di periksa oleh dokter umum dan diambil darah oleh analis kesehatan ,responden yang diambil darah di Panunggulan sebanyak 23 orang, jenis pemeriksaan darah meliputi gula darah puasa, HB (Hemoglobin) dan pengambilan serum darah. Setelah diambil darah responden dianjurkan untuk makan, jika gula darahnya rendah responden di beri minuman yang ditambahkan gula dan sebaliknya jika gula darahnya tinggi maka responden di beri minuman susu untuk penderita diabetes. Kemudian pemeriksaan menuju ke meja dokter gigi untuk diperiksa kesehatan giginya. Responden yang puasa kembali dicek darahnya setelah 2 jam untuk pemeriksaan gula darah sewaktu. Setelah itu baru kembali ke dokter umum untuk menentukan diagnose dari hasil pemeriksaan.

Setelah pengambilan darah selesai tim enumerator dan tenaga kesehatan yang bertugas membereskan alat-alat dan memasukkan serum darah ke dalam box yang sudah disediakan. Box yang sudah rapi diantar ke Dinas Kesehatan Kabupaten serang untuk di ambil oleh kargo yang sudah disiapkan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Pengambilan SAMPEL 2 Pengambilan SAMPEL

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta