Agenda Acara

No events found
 
 

Evaluasi Pemberian Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri (Dengan Dilakukan Pemeriksaan HB dan Pengukuran Lila) Di SMAN I Bojonegara Tahun 2018

tablet+darahSalam Permata Fe : Sehat, Cerdas dan Bebas Anemia

Masalah kesehatan dan gizi di Indonesia pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) menjadi fokus perhatian karena tidak hanya berdampak pada angka kesakitan dan kematian pada ibu dan anak, melainkan juga memberikan konsekuensi kualitas hidup individu yang bersifat permanen sampai usia dewasa. Timbulnya masalah gizi pada anak usia di bawah dua tahun erat kaitannya dengan persiapan kesehatan dan gizi seorang perempuan untuk calon menjadi ibu, termasuk rematri (remaja putri).

Keadaan kesehatan dan gizi kelompok usia 10-24 tahun di Indonesia masih memperhatinkan. Data Riskesdas 2013 menunjukan bahwa prevalensi anemia pada WUS usia 15 tahun ke atas sebesar 22,7 %, sedangkan pada ibu hamil 37,1 %.

Rematri yang menderita anemia ketika menjadi ibu hamil beresiko melahirkan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan stunting. Anemia gizi besi menjadi salah satu penyebab utama anemia, diantaranya karena asupan makanan sumber zat besi yang kurang.

Rematri pada pubertas sangat beresiko mengalami anemia gizi besi. Hal ini disebabkan banyaknya zat besi yang hilang selama menstrusasi. Selain itu diperburuk oleh kurangnya asupan zat besi, dimana zat besi pada rematri sangat dibutuhkan tubuh untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan.

Rencana Strategis Kemeterian Kesehatan RI tahun 2015-2019 menargetkan cakupan pemberian TTD pada rematri secara bertahap dari 10 % (2015) hingga menapai 30% (2019). Diharapkan sektor terkait di tingkat pusat dan daerah mengadakan TTD secara mandiri sehingga intervensi efektif dengan dapat dicapai hingga 90%.

Launching gerakan minum TTD di sekolah SMP, SMA dan sederajat sudah dilakukan UPT Puskesmas Bojonegara pada bulan agustus tahun 2017. Agar kegiatan ini efektif oleh karena itu dibentuk duta anemia yang diberi nama “Permata Fe” yang artinya pelajar mengenal dan memahami tablet Fe. Tugas duta Permata Fe adalah memberikan pemahaman kepada rematri lainnya tentang pentingnya TTD dan memantau pemberian TTD hingga di minum oleh rematri yang dilakukan setiap seminggu sekali setiap hari selasa. Sebelum kegiatan gerakan minum TTDterlebih dahulu rematri diberikan penyuluhan gizi tentang anemia dan dilakukan pemeriksaan hemoglobin (Hb) awal pada 200 rematri kelas XI SMAN I sebagai sampel. 

Hasil pemeriksaan Hb yang dilakukan pada 200 rematri kelas XI SMAN I Bojonegara 30% mengalami anemia gizi besi. Dan pada bulan mei 2018 evaluasi gerakan minum TTD dilakukan dengan pemeriksaan Hb  yang kedua dan pengukuran LiLa setelah diberikan TTD Hasil yang signifikan didapat dari evaluasi ini yaitu rematri dengan kadar Hb dibawah normal (anemia) sebensar 16% dan Lila bawah normal (<23,5 cm) sebesar 19%. Ini berarti mengalami penurunan kasus anemia gizi pada rematri setelah di berikan TTD secara rutin. Pada kegiatan evaluasi ini tidak hanya dilakukan pemeriksaan Hb dan pengukuran LiLa tetapi juga sekaligus dilakukan kegiatan gerakan makan buah bersama.

Kegiatan evaluasi seharusnya dilakukan setelah 6 bulan pemberian TTD, akan tetapi kegiatan evaluasi ini baru bisa dilakukan pada bulan mei 2018. Ini mundur dari jadwal yang sudah ditentukan, dikarenakan liburan lebaran dan libur ujian.

tablet+darah 1

 tablet+darah 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tablet+darah 3

Rencana selanjutnya UPT Puskesmas Bojonegara akan melakukan gerakan minum tablet tambah darah dan pemeriksaan Hb di Pesantren Nurul Hidayah. Pemeriksaan Hb pada rematri Pesantren Nurul Hidayah akan dilakukan selain permintaan dari kepala pesantren Ust. Nurul Huda tetapi juga keluhan para guru mengenai rematri yang baru dimengikuti satu mata pelajaran sudah terlihat tanda-tanda anemia yakni lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai. ini dipengaruhi asupan makan rematri di pesantren yang cenderung kurang gizi salah satunya kurang mengandung zat besi.


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta