Agenda Acara

No events found
 
 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Ciruas

Depot Air MinumInspeksi Kesehatan Lingkungan Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) telah dilaksanakan secara rutin di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Ciruas. Pada tanggal 12 Mei 2018 inspeksi dilaksanakan di beberapa DAMIU di Desa Ranjeng dan Desa Pamong. Kegiatan ini melibatkan petugas sanitarian Puskesmas Ciruas dan kader desa setempat. Petugas melaksanakan pemeriksaan dengan menggunakan formulir pemeriksaan DAMIU sesuai standar yang berlaku. Hasil pemeriksaan secara fisik sebagian besar DAMIU sudah memenuhi syarat kesehatan.

Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) adalah badan usaha yang mengelola air minum untuk keperluan masyarakat dalam bentuk curah. Industri pengolahan air minum dalam skala kecil yang dikenal dengan nama DAMIU ini telah berkembang dengan sangat pesat, ini dapat dikatakan telah membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas penyediaan air minum dengan harga yang pantas dan terjangkau.  Jenis usaha ini harus mendapat pemantauan yang optimal, sehingga kualitas air hasil produksi yang dihasilkan DAMIU tidak merugikan kesehatan masyarakat. 

Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum. Air minum harus memenuhi syarat-syarat kesehatan, baik fisik kimia, radio aktif maupun mikrobiologi supaya tidak mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia (Depkes RI., 2010). Air yang secara fisik tidak memenuhi syarat kesehatan akan dengan mudah dihindari untuk diminum oleh manusia, misalnya air yang berbau, tidak jernih maupun terdapat rasa yang tidak biasa.

 

Depot Air Minum 2

Kecenderungan penggunaan air minum isi ulang oleh masyarakat di perkotaan semakin meningkat. Buruknya kondisi lingkungan membuat mereka khawatir untuk mengonsumsi air tanah, bahkan air ledeng yang disediakan pemerintah.  Namun sayangnya tidak semua air minum isi ulang (DAMIU) dikelola dengan baik. Air minum yang tercemar bahan kimia dan radio aktif mengakibatkan gangguan kesehatan yang umumnya bersifat kronis dan jangka panjang, sedangkan untuk mendeteksinya memerlukan pemeriksaan yang lebih rumit dan lebih mahal.


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta