Agenda Acara

No events found
 
 

Test Kebugaran Calon Jemaah Haji Tahun 2018

haji 1Tes kebugaran bagi jamaah haji merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik, dengan kondisi yang bugar dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan otot, dan kemampuan berotot.

Dinas Kesehatan Kab. Serang Rutin Setiap Tahun Mengadakan Tes Kesehatan Kepada Calon Jamaah haji Setiap tahunnya dikarnakan Dengan Tes Kebugaran calon jemaah haji di wilayah Kabupaten Serang agar di saat pemberangakatan ketanah suci nanti para jamaah dapat melakukan kegiatan ibadan dengan keadaan sehat sekalugus tes ini juga untuk mengetahui bagai mana keadaan kesehatan calon jamaah haji. Tes yang di lakukan antara lain dengan tes rockport. Tes kebugaran ini untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Tes ini juga berguna untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan jam 07.00 WIB pagi calon jemaah sudah mulai berkumpul di lapangan Puskesmas. Penjelasan tehnis tentang tes kebugaran yang disampaikan dari petugas pemegang program kesehatan haji di Puskesmas, setelah dilakukan penjelasan tehnik, pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi serta diberi nomor tanda peserta jamaah haji bersiap-siap untuk melakukan pemanasan di pandu oleh instruktur dari pemegang program kesehatan haji dan segera melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan bertujuan untuk menyiapkan otot-otot tubuh agar tidak terjadi cedera karena aktivitas fisik yang berat dan mendadak. Pemanasan dilakukan secara bersama-sama dipimpin oleh petugas dari Puskesmas. Peregangan otot-otot dari leher, tangan, kaki, dilakukan secara bergantian dalam hitungan 2 x 8. Setelah dirasa cukup untuk pemanasannya, para peserta dipersilahkan untuk berbaris dan berjalan kaki ke tempat pelaksanaan tes kebugaran.

 

Para peserta dibariskan dan diberi intruksi untuk melewati jalan tersebut dengan cara berjalan kaki, jalan cepat ataupun berlari sesuai dengan kemampuan masing-masing sampai batas yang ditentukan kemudian berbalik ke tempat semula. Kalau dihitung rute yang harus ditempuh sekitar 1600 meter. Dengan aba-aba peluit para peserta dipersilahkan mulai tes kebugaran. Setelah mengelilingi atau berjalan atau berlari yg di tentukan para peserta melaporkan akhir dari perjalanan tes kebugaran tersebut kepada petugas.

Setelah selesai melakukan tes kebugaran jamaah haji beristirahat dan melakukan pemeriksaan lagi di tempat pertama melakukan pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi.

Semua kegiatan tersebut adalah guna menunjang kebugaran tubuh dalam rangka mempersiapkan kegiatan ibadah haji nantinya. Rangkaian ibadah yang memerlukan kesehatan, kebugaran tubuh disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah.

haji 4

haji 3

haji 2


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta