Agenda Acara

No events found
 
 

Sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

promkes 2Pertemuan sosialisasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga sehat tingkat Kabupaten Serang yang dilaksakan pada Hari selasa 26 Juni 2018 bertempat di aula DINKES kab. Serang.

Dalam rangka mensyukseskan PISPK dan menjadikannya sebagai media dalam komunikasi dengan linsek dan linprog.

Tujuan utama dari pertemuan ini adalah adanya persamaan perspsi tentang program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga bagi petugas puskesmas selaku pelaksana pergerakan kunjungan keluarga dan petugas lintas program di dinkes guna mendukung upaya Germas dan keluarga sehat.

Peserta terdiri dari petugas perkesmas dan promkes puskesmas di wakili 10 Kesmas Dikabupaten Serang, serta LP di lingkungan dinkes Kab. Serang. Pertemuan yang di ikuti oleh 10 Puskesmas sebagai perluasan Lokus PISPK dari kementrian dan pemerintah daerah Kab Serang. Pertemuan sosialisasi di buka oleh Kepala dinkes Kab. Serang dr. Hj. Sri Nurhayati. Sedangkan Narasumer fasilitator kabupaten dan propinsi serta kemenkes pusat data dan informasi (Pusatin).

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu: (1) penerapan paradigma sehat, (2) penguatan pelayanan kesehatan, dan (3) pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN). Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarus utamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat. Penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan. Sedangkan pelaksanaan JKN dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan manfaat (benefit), serta kendali mutu dan biaya. Kesemuanya itu ditujukan kepada tercapainya keluarga-keluarga sehat.

promkes 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perlu diketahui bahwa pelaksanakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga telah disepakati adanya 12 indikator utama untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu 1) keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), 2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, 3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, 4) Bayi mendapat air susu ibu (ASI) ekslusif, 5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, 6) Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, 7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, 8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, 9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok, 10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), 11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih, 12) Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat.

Dengan di adakanya pertemuan ini dinas kesehatan berharap PISPK menjadi instrumen utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat sebagai iku pemerintah (SPM). jadi seluruh puskesmas di kabupaten serang sudah dapat menjalankan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK).

promkes 5

promkes 1


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta