Agenda Acara

No events found
 
 

Pendampingan Tim Kemenkes Dalam Rangka Penyelidikan Epdemiologi Kasus Difteri

Surfei Difteri 3

Kejadian Luar Biasa adalah timbulnya suatu penyakit baru atau meningkatnya kejadian kesakitan dan atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah pada kurun waktu tertentu, dan merupakan suatu keadaan yang dapat mengarah pada terjadinya wabah. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang menerima laporan adanya satu kasus tersangka Difteri dari salah satu Puskesmas di Kabupaten Serang. Kasus kemudian dirujuk ke RSDP Serang unutk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan terhadap spesimen swab tenggorok di RS menunjukkan kasus positif Difteri secara mikroskopis. Setelah penemuan satu kasus positif Difteri, tidak lama Puskesmas menerima lagi kasus-kasus tersangka Difteri yang memerlukan penanganan cepat dan tepat untuk mencegah bertambah banyaknya kasus tersangka Difteri.

Pada tanggal 11 April 2018, Tim Kemenkes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang bekerjasama untuk melakukan investigasi intensif dan memberikan bantuan obat-obatan terutama antibiotik dalam rangka penyelidikan epidemologi kasus problemdifteri. Dalam hal ini kemenkes menurunkan dua orang yang sudah terlatih untuk investigasi lapangan.

Rombongan investigasi lapangan dipimpin langsung oleh Dinas Kesehatan yang di wakili oleh kepala seksi SIKK Dadang Supriatna. Saat investigasi di lapangan, Kepala Seksi SIKK Bpk Dadang melakukan wawancara dengan kasus dan kontak, sedangkan Tim Kemenkes melakukan pengambilan spesimen tersangka Difteri dan kontak kasus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Laboratorium Nasional di Jakarta.

Surfei Difteri 2

Surfei Difteri 1


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta