Agenda Acara

No events found
 
 

BIMTEK PENYUSUNAN DOKUMEN ADMINISTRATIF PENETAPAN BLUD STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) DAN LAPORAN KEUANGAN

BLUDPelayanan kesehatan yang bermutu sudah merupakan tuntutan masyarakat terhadap layanan publik. Pemerintah Daerah harus mampu menyediakan pelayanan yang bermutu yang sesuai dengan harapan masyarakat. Jika hal ini dapat terpenuhi, niscaya kepercayaan public terhadap Pemerintah Daerah akan meningkat, karena mereka akan merasa puas dapat mengakses pelayanan yang mereka butuhkan.

Pertemuan tahap II Bimbingan Teknis (Bimtek) Dokumen Administratif Penetapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Laporan Keuangan merupakan kegiatan lanjutan dari tahap I yang dilaksanakan di Best Western Premier La Grande Hotel Jl. Merdeka No. 25-29, Sumur Kota Bandung pada tanggal 12 – 14 Juli 2018, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kepala Bidang Pelayanan Dasar, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK) dan staf, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Staf, Staf Perencanaan Evaluasi dan Informasi Kesehatan, Lintas Sektor (Bappeda, Inspektorat, BPKAD, Organisasi) Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas, Akuntasi Puskesmas se Kabupaten Serang serta Akuntasi Laboratorium Kesehatan daerah (labkesda). Tujuan dari bimtek untuk mendorong puskesmas menerapkan Pola Pengelolaan Keuang Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD). 

SPM adalah spesifikasi teknis tentang tolak ukur layanan minimal yang diberikan BLUD kepada masyarakat. SPM merupakan hal minimal yang harus dilaksanakan oleh pemda melalui Dinas Kesehatan untuk rakyatnya, maka target SPM harus 100% tiap tahunnya. Ruang Lingkup SPM terdiri dari : Pelayanan ibu hamil, pelayanan ibu bersalin, pelayanan bayi baru lahir, pelayanan balita, pelayanan anak pada usia pendidikan dasar, pelayanan warga negara Indonesia usia 15 – 59 tahun, pelayanan warga negara Indonesia usia 60 tahun keatas, pelayanan penderita Hipertensi, pelayanan penderita Diabetes Melitus, pelayanan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pelayanan orang dengan TB dan pelayanan orang berisiko terinfeksi HIV.

Dalam kegitan tersebut :
Hari pertama : pengantar kegiatan pembelajaran Bimtek BLUD yang disampaikan oleh Ibu Dra. Nani Maryanni,Ak.,CA dari LKP CSBI dan Pembukaan oleh dr. Hj. Sri Surhayati selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. Dilanjutkan dengan pemaparan materi bimtek oleh LKP CSBI tentang Dasar-dasar Penyusunan Laporan Keuangan, Penyusunan Laporan Keuangan, Praktek dan Entry data 31 Puskesmas dan UPTD Labrikes baik pendapatan, Belanja, Persediaan Barang Habis Pakai, Obat dan Alkon serta data aset per Puskesmas. Penyelerasan laporan keuangan dengan pagu dan realisasi masing-masing 31 puksesmas dan 1 UPTD Labrikes pada tahun anggaran 2017
Hari Kedua : Pemaparan materi bimtek tentang dasar-dasar penyusunan SPM, Entry Data SPM, Penyelarasan SPM, Penyusunan Dokumen Laporan Keuangan dan SPM serta finalisasi dokumen laporan keuangan 31 puskesmas dan 1 UPTD Labrikes dilanjutkan dengan diskusi kasus dan latihan penyusunan SPM dan Laporan keuangan. SPM adalah spesifikasi teknis tentang tolak ukur layanan minimalyang diberikan BLUD kepada masyarakat.
Hari Ketiga : Penyelarasan 4 (empat) Dokumen Administratif yaitu : Rencana Strategi Bisnis (RSB), Laporan Keuangan, Tata Kelola dan SPM. Presen tasi peserta disampaikan oleh perwakilan dari puskesmas. Kegiatan dilanjutkan dengan kesepakatan dan rencana tindak lanjut dari penetapan BLUD puskesmas dan UPTD Labrikes. Penutupan Bimtek BLUD oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab Serang.

BLUD

BLUD 1

BLUD 2


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

virus covid19

 

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta