Agenda Acara

No events found
 
 

Kegiatan Pemberian Obat Cacing Di PAUD Teladan Kadikaran Kecamatan Ciruas

Penyakit cacingan diderita oleh hampir sebagian besar penduduk Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini sering menyerang anak usia balita dan anak dikala sekolah dasar. Penyebab cacingan antara lain sanitasi lingkungan kurang terjaga, kebiasaan anak-anak yang buang air besar di sembarang tempat, sarana MCK (Mandi, Cuci, kakus) yang kurang memenuhi syarat, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki yang berakibat terjadinya infeksi telur cacing melalui pori kulit ataupun melalui makanan.

Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan merampas zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh, anak menjadi lemas, lesu, pucat.Oleh karenanya, anak-anak dari usia dini perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan sekitar dengan cara hidup bersih dan sehat. Gejala infeksi cacing bisa ringan hingga berat. Pada infeksi cacing ringan, gejalanya cenderung tidak tampak. Gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah adalah melalui program pemberian obat cacing pada anak-anak usia TK dan SD yang dilaksanakan serentak pada bulan Agustus 2018. Pada tanggal 28 Agustus 2018 Pemberian Obat Cacing dilaksanakan di PAUD Teladan Desa Kadikaran Kecamatan Ciruas. Kegiatan ini meliputi pemberian obat cacing pada 22 orang murid PAUD dan penyuluhan kesehatan pada wali murid yang hadir. Materi penyuluhan yang diberikan yaitu tentang gambaran penyebab terjadinya penyakit cacingan, gejala penyakit cacingan, pengobatan penyakit cacingan dan pencegahan penyakit cacingan.

IMG 20180830 WA0032 IMG 20180830 WA0031 

IMG 20180830 WA0030


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta