Agenda Acara

No events found
 
 

Survei Akreditasi Puskesmas Jawilan

akre jawilan 1Dinas Kesehatan Kabupaten Serang memiliki 31 Puskesmas, 14 Puskesmas sudah terakreditasi tahun 2016 dan 2017. Tahun 2018 ada 11 Puskesmas yang mengikuti proses akreditasi dan saat ini tanggal 12-16 September 2018 proses penilaian akreditasi pada beberapa Puskesmas yang dilakukan oleh lembaga nasional sedang berlangsung yaitu di Puskesmas Jawilan, Puskesmas tanara dan Puskesmas Ciomas.

Akreditasi Puskesmas adalah Pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa puskesmas itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Survei Akreditasi pada Puskesmas Jawilan dilaksanakan pada tanggal 12-16 september 2018. Survei akreditasi dilakukan dengan melihat dokumen-dokumen yang disusun oleh FKTPyang merupakan regulasi internal dalam penyelenggaraan administrasi dan manajemen dan pelayanan klinis/upaya kesehatan perorangan (UKP), dengan ditambah upaya kesehatan masyarakat (UKM) untuk Akreditasi Puskesmas. Tim pendamping dalam penyusunan dokumen-dokumen tersebut adalah dr. H. Hendi Fitriyadi Zulkarnain pendamping UKP (upaya kesehatan perorangan), dr Ari Widodo pendamping Admen (administrasi manajemen) dan H. Andriansyah, S.Ikom, S.Kep pendamping UKM (upaya kesehatan masyarakat)

 

Selanjutnya surveior akan melakukan telusur terhadap seluruh penyelenggaraan tersebut apakah   sesuai dengan regulasi internal yang telah dibakukan, dan persyaratan yang ada pada elemen penilaian pada tiap-tiap standar akreditasi. Telusur dilakukan dengan visitasi lapangan melalui wawancara baik kepada manajemen/pimpinan FKTP, penanggung jawab pelayanan klinis, pelaksana pelayanan klinis maupun pasien, dan ditambah   kepada penanggung jawab, pelaksana masing-masing upaya kesehatan masyarakat serta pejabat lintas sektor terkait untuk akreditasi Puskesmas. Selain itu telusur juga dilakukan dengan melakukan observasi terhadap kegiatan manajemen dan pelayanan UKP, ditambah dengan observasi kegiatan UKM untuk akreditasi Puskesmas, serta telusur untuk mendapatkan bukti-bukti dokumen (rekaman) bukti pelaksanaan kegiatan. Tim surveior dalam penilaian akreditasi Puskesmas jawilan adalah dr. Henny Indriyanti, M.Kes surveior UKP, Tri Adihandoyono, SKM, M.Kes surveior UKM, dan Muhammad Yusri Yunus, SKM, M.Kes surveior Admen.

akre jawilan 3

akre jawilan 2


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta