Agenda Acara

No events found
 
 

PEMERIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI POSBINDU KECAMATAN KRAGILAN

Foto1Pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) di pos pembinaan terpadu (Posbindu) dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Pematang pada hari Rabu tanggal 19 September 2018 bertempat di Kecamatan Kragilan. Peserta dari kegiatan ini yaitu pegawai kecamatan berjumlah 20 orang. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Pemeriksaan ini salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus promotif dan preventif.PTM yang semakin menghawatirkan yaitu diabetes, hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung.

Banyak faktor pemicu terkena PTM diantaranya yaitu merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan gaya hidup tidak sehat. Oleh karena itu, sasaran posbindu adalah kelompok masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat yang sudah terkena PTM. Bagi masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi PTM. Dan untuk masyarakat yang sudah terkena PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Upaya pengendalian faktor risiko PTM yang telah dilakukan berupa promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta pengendalian masalah tembakau. Pemerintah Kabupaten Serang telah menerbitkan peraturan terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2014.

Foto

Foto2

 


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta