Agenda Acara

No events found
 
 

PENYULUHAN NAPZA, PKPR, DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH UNTUK REMAJA PUTRI DI SMAN 1 CIKEUSAL

Foto2Pada hari Rabu tanggal 19 September 2018, telah dilaksanakan penyuluhan Narkotika, Psokotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri bertempat di Masjid At-Tarbiyah SMAN 1 Cikeusal yang dihadiri oleh siswa dan siswi sebanyak 90 orang. Dalam penyuluhan ini dijelaskan tentang bahaya dan cara menghindari narkoba dan seks bebas, reproduksi remaja, anemia dan penanggulangannya. Yang disampaikan oleh tenaga kesehatan dari puskesmas cikeusal yaitu Ibu dr. Hida Mutia, ibu Sandi Ayu Wijaya, S.Gz dan Ibu Fifih Fitriati Amd.Keb, SKM.

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Penyalahgunaan narkoba Mulai dari keinginan untuk coba-coba, ikut trend/gaya, lambang status sosial, ingin melupakan persoalan. Penggunaan terus menerus dan berianjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi, disebut juga kecanduan.

Seks bebas merupakan hubungan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan perkawinan. Perilaku seks bebas yang terjadi pada remaja dapat disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap anak yang disebabkan karena kesibukan masing-masing sehingga anak tidak memperoleh pengetahuan tentang seks bebas dari orang tua dan oleh sebab itulah kadang kala anak terjerumus pada pergaulan yang salah.
kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi yang sehat yang menyangkut system, fungsi, dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Masa remaja adalah suatu tahap antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Istilah ini menunjuk masa dari awal pubertas sampai tercapainya kematangan; biasanya mulai dari usia 14 pada pria dan usia 12 pada wanita.
Anemia merupakan kondisi tidak sehat dimana kadar hemoglobin, dalam darah lebih rendah dari normal. Hemoglobin sendiri merupakan suatu zat di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen.Untuk mencegahnya dan menyembuhkannya di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, dan kandungan protein hewan dari unggas, hewan, serta sayur dan buah-buahan.

Foto

Foto1


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta