Agenda Acara

No events found
 
 

PEKAN DETEKSI DINI RESIKO DAN PENANGANAN KOMPLIKASI PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS CIKEUSAL

FotoKehamilan merupakan hal yang fisiologis,namun kehamilan yang normal dapat berubah menjadi patologi. Salah satu yang dilakukan untuk menapis adanya resiko ini yaitu melakukan pendeteksian dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil. Komplikasi kehamilan adalah keadaan patologis yang erat kaitannya dengan kematian ibu atau janin. Komplikasi yang terus terjadi dapat meningkatkan angka kematian ibu maupun bayi. Maka perlu dilakukan deteksi atau pencegahan sedini mungkin untuk mencegah terjadinya komplikasi. Deteksi dini terhadap komplikasi kehamilan adalah upaya penjaringan yang dilakukan untuk menemukan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi selama kehamilan ibu secara dini.

Pada hari kamis tanggal 20 September 2018 telah di laksanakan pekan deteksi dini resiko dan penanganan komplikasi pada ibu hamil yang bertempat di Puskesmas Cikeusal. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang ibu hamil yang berisiko tinggi yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cikeusal. Dalam pelaksanaannya Dinas Kesehatan Kabupaten Serang bekerjasama dengan dokter spesialis Kandungan dari Rumah sakit dr. Drajat Prawiranegara. Hadir dalam acara ini yaitu dr. Amar Sirajudin SpOG, dr. Istianah hanyanti dan Tim tenaga Kesehatan.

 

Pemeriksaan dan pengawasan terhadap ibu hamil sangat perlu dilakukan secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan seoptimal mungkin fisik dan mental ibu hamil dan Janin selama dalam kehamilan, persalinan dan nifas sehingga didapatkan ibu dan anak yang sehat. Selain itu juga untuk mendeteksi dini adanya kelainan, komplikasi dan penyakit yang biasanya dialami oleh ibu hamil sehingga hal tersebut dapat dicegah ataupun diobati. Dengan demikian maka angka morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi dapat berkurang.

Foto1

Foto2

Foto3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta