Agenda Acara

No events found
 
 

PERTEMUAN ORGANISASI PROFESI DALAM BINWAS SARFASKES DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERANG

SARFASKES 1Dinas kesehatan kabupaten melalui seksi BINWAS SARFASKES mengadakan pertemuan Organisasi Profesi Dalam Binwas Sarfaskes, Pertemuan Yang di Hadiri Oleh Kasubag, Kasi dan Organisasi Kesehatan Di Kabupaten serang Ini Mengingat Kesehatan merupakan dimensi penting yang menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa. Hal ini dikarenakan kesehatan memainkan peranan strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Untuk mewujudkan serta menunjang akselerasi pencapaian peran strategis tersebut maka dibentuklah sistem kesehatan nasional (SKN) yang merupakan pilar dari sistem ketahanan nasional sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No. 72 Tahun 2012, yang menjadi peta jalan dalam mewujudkan masyarakat sehat dengan derajat kesehatan setinggi-tingginya. Salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan kesehatan sebagaimana yang diatur dalam UU Kesehatan serta Sistem Kesehatan Nasional adalah sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

Peran organisasi profesi memiliki urgensi vital berkaitan dengan peran untuk membina, mendidik, serta melindungi SDM kesehatan yang bernaung dibawah masing-masing organisasi profesi. Organisasi profesi harus memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan mutu kompetensi SDM kesehatan adalah merupakan wewenang penuh dari organisasi profesi. Pada titik inilah peran organisasi profesi lebih difokuskan sebagai learning organization yang mengatur hal-hal berkaitan dengan perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, pembinaan, dan pengawasan anggota profesi, demi menjamin ketersediaan mutu kompetensi SDM kesehatan yang handal, tangguh dan professional. Perlu dipikirkan sebuah bentuk regulasi baru yang mengatur peran organisasi profesi dalam sistem kesehatan nasional, terutama dalam kapasitasnya sebagai penyedia SDM kesehatan yang mampu menunjang terlaksananya sistem kesehatan nasional secara efektif.

dengan di adakanya pertemuan ini dinas kesehatan berharap kepada seluruh organisasi profesi agar dapat membantu peran serta terhadap kesehatan terutama dalam kapasitas penyedia SDM Kesehatan yang mampu menunjang Terlaksananya Sistem Kesehatan Nasional Secara Efektif dan Terorganisir.

SARFASKES 2

SARFASKES 3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta