Agenda Acara

No events found
 
 

Advokasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Desa SBS) Di Desa Kaserangan Kecamatan Pontang

Stop Buang Air Besar Semabarangan 1Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan untuk memobilisasi masyarakat guna membebaskan secara tuntas kebiasaan buang air besar sembarangan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pemicuan. STBM dalam Program ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi sanitasi dalam rangka menurunkan prevalensi stunting di Indonesia melalui perubahan perilaku sanitasi dan higiene masyarakat. Perubahan perilaku sanitasi dan higiene dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses terhadap sanitasi.

Peningkatan kesadaran, advokasi atau "road show" di tingkat kecamatan akan dihadiri oleh lintas sektoral di tingkat kecamatan dan wakil desa (kepala desa dan tokoh masyarakat). Tujuan dari peningkatan kesadaran ini adalah untuk mendapatkan dukungan dan komitmen dari sektor dan dari pemerintah desa dalam pelaksanaan pemicuan STBM. Munculnya kesadaran diharapkan menghasilkan sebuah kesepakatan yang menarik dari desa untuk melakukan pemicuan dan dilanjutkan dengan pemilihan desa.

 

Stop Buang Air Besar Semabarangan 2Faskab STBM Kab. Serang bersama Sanitarian Puskesmas Pontang melakukan advokasi desa SBS ke Kepala Desa Kaserangan Kecamatan Pontang pada tanggal 22 Mei 2019. Advokasi dilakukan berkaitan dengan persentase akses sanitasi Desa Kaserangan yang sudah lumayan tinggi (94,63%). Perangkat desa selama ini terlihat sangat kooperatif dan terbuka terhadap setiap program yang dilaksanakan puskesmas sehingga advokasi desa SBS memungkinkan untuk dilakukan. Saat di advokasi diketahui dari jumlah 12 RT di Desa Kaserangan masih terdapat warga yang buang air besar di sawah yaitu di Kp. Paninggaran RT 12, Kp. Lebak RT 10 dan Kp. Banjarsari RT 05. Pada kenyataannya mayoritas warga sudah memiliki jamban dan sudah memiliki kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan. Namun warga yang bekerja sebagai petani terkadang merasa malas untuk mencari toilet ketika sedang bekerja di sawah saat siang hari sehingga petani lebih memilih buang air besar di sekitar sawah yang lebih dekat untuk dicapai.

Setelah ini akan dilakukan pemicuan STBM di kampung-kampung tersebut oleh Faskab STBM Kab. Serang dan Sanitarian Puskesmas Pontang agar warga yang masih buang air besar di sawah terpicu dan sadar akan dampak buang air besar sembarangan serta memilih buang air besar di jamban


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta