Agenda Acara

No events found
 
 

HYGIENE SANITASI SEKOLAH

Sanitasi Sekolah 1Pada Tanggal 13 Januari 2019 Puskesmas Tanara Melakukan Sosialisasi Kesekolah Dasar Tepatnya di SD Pesisir Tanara Tentang Hygiene Sanitasi Sekolah Higiene dan sanitasi sekolah Merupakan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan guna terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat yang bersih dan nyaman dan terbebas dari ancaman penyakit.
Sekolah adalah suatu lembaga yang mempunyai peran strategis terutama mendidik dan menyiapkan sumber daya manusia. Keberadaan sekolah sebagai suatu sub sistem tatanan kehidupan sosial, menempatkan sekolah sebagai bagian dari sistem sosial. Sekolah dapat menjalankan fungsinya yaitu sebagai lembaga untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang optimal dan mengamankan dari pengaruh negatif dari lingkungan sekitar. Sekolah harus memenuhi syarat-syarat kesehatan tidak saja bangun fisik tetapi masyarakat sekolah terutama peserta didik. Salah satu bagian yang memegang peran penting dalam mencipkatakan kesehatan peserta didik adalah lingkungan sekolah yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Kebijakan dalam penyelenggaraan sanitasi dan higiene sekolah sejalan dengan kebijakan program Lingkungan Sehat, Kepmenkes Nomor 1429/Menkes/SK/XII/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan lingkungan di sekolah, kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) berbasis masyarakat dan Kepmenkes Nomor 582/Menkes/SK/IX/2009 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
Higiene dan sanitasi sekolah pelaksanaannya dimotori oleh Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) peserta di ambil dari kelas 4 sebanyak 40 anak. Tujuan UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang seutuhnya.
Anak-anak Sangat antusias dalam belajar sambil bermain juga sudah paham tentang rantai penyakit. Dan anak-anak sangat menikmati pembelajaran yang di sampaikan oleh para petugas kesehatan.
Tidak hanya pembelajaran permainan yang di berikan kepada anak-anak supaya dalam penyampaian informasi kesehatan tidak jenuh dan membuat bosan anak – anak. Permainan yang berisi tentang kesehatan misalnya tebak gambar tentang penyakit dan rantai penyakit serta para petugas kesehatan memberikan makanan tambahan yang bergizi apa bila para anak – anak dapat menebak dengan benar. Tidak hanya bermain para petugas kesehatan juga memberikan makanan ringan untuk menambah minat mereka dalam menyimak pembelajaran yang di berikan oleh petugas kesehatan.
Dengan di adakanya kegiatan ini khusunya petugas kesehatan berharap anak-anak dapat mengerti bagai mana cara hidup sehat dalam keseharian mereka dan dapat memperaktikan di setiap kehidupanya. Karna mereka ujung tombak masa depan bangsa.

Sanitasi Sekolah 2

Sanitasi Sekolah 3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta