Agenda Acara

No events found
 
 

Inspeksi kesehatan lingkungan sarana air bersih Oleh petugas sanitarian puskesmas binuang

sarana air bersih 1Rabu, 12 Juni 2019 Petugas Sanitarian dari Puskesmas Binuang Melakukan Kunjungan Ke 5 Rumah Di Kampung Masigit Desa Binuang untuk melakukan pemeriksaan Air Bersih yang Ada di Setiap Rumah, kegiatan ini di lakukan untuk memeriksa kebersihan Air yang di gunakan oleh masyarakat khususnya di desa binuang karna Penyediaan air bersih dan sanitasi lingkungan yang tidak memenuhi syarat dapat menjadi faktor resiko terhadap penyakit diare dan kecacingan. Diare merupakan penyebab kematian nomor 4 sedangkan kecacingan dapat mengakibatkan produktifitas kerja dan dapat menurunkan kecerdasan anak sekolah, disamping itu masih tingginya penyakit yang dibawa vektor seperti DBD, malaria, pes, dan filariasis.

Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.
Syarat-syarat Kualitas Air Bersih diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Syarat Fisik : Tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna
b. Syarat Kimia : Kadar Besi : maksimum yang diperbolehkan 0,3 mg/l, Kesadahan (maks 500 mg/l)
c. Syarat Mikrobiologis : Koliform tinja/total koliform (maks 0 per 100 ml air)
Standar Bakteriologi Air Bersih
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 416/MENKES/ PER/IX/1990, yang dimaksud air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Kriteria bakteriologi untuk air bersih yaitu:
1. Jumlah total koliform (MPN) dalam 100 ml air yang diperiksa maksimal adalah 50 untuk air yang berasal dari bukan perpipaan.
2. Jumlah total koliform (MPN) dalam 100 ml air yang diperiksa maksimal adalah 10 untuk air yang berasal dari perpipaan.
Checklist Inspeksi Sanitasi Sarana Air Bersih ini mencakup berbagai jenis sarana, antara lain Sumur Gali, Sumur Pompa Tangan, Perpipaan, Hidran Umum, Perlindungan Mata Air, Kran Umum, serta Perlindungan Air Hujan.
Dari kelima rumah yang di kunjungi petugas sanitarian dan kader yang membantu tidak menemukan genangan air dan faktor-faktor yang menimbulkan siklus penyakit. Dari hasil ke 5 rumah yang di kunjungi semua memenuhi syarat (air bersih, sumur pompa, tdk ada genangan air). Setelah di lakukan pemeriksaan di 5 rumah warga petugas sanitarian dari puskesmas binungan akan melanjut. 

sarana air bersih 2


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta