Agenda Acara

No events found
 
 

Ikl Obyek Wisata Kolam Renang

kolem renang 1Kolam renang merupakan suatu usaha bagi umum yang menyediakan tempat untuk berenang, berekreasi, berolah raga, serta jasa pelayanan lainnya yang menggunakan air bersih yang telah diolah (Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 061 Tahun 1991). Kolam renang sebagai sarana umum yang ramai dikunjungi masyarakat dapat berpotensi menjadi sarana penyebaran bibit penyakit maupun gangguan kesehatan akibat kondisi sanitasi lingkungan kolam renang yang buruk dan kualitas air kolam renang yang tercemar. Kondisi sanitasi lingkungan kolam renang yang buruk dapat disebabkan karena kurangnya pengelolaan kebersihan. Kebersihan lingkungan kolam renang merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena berhubungan dengan aspek kesehatan terutama faktor penularan penyakit di lingkungan kolam renang. Kualitas air kolam renang yang tercemar juga dapat menjadi sarana penyebaran bibit penyakit maupun gangguan kesehatan. 

Pencemaran pada air kolam renang dapat disebabkan oleh pencemaran kimia dan pencemaran mikrobiologis. Pencemaran kimia air kolam renang dapat berasal dari bahan kimia yang melekat pada tubuh perenang seperti keringat, urin, sisa sabun, dan kosmetik, sedangkan pencemaran mikrobiologis air kolam renang dapat berasal dari kontaminasi kotoran dari perenang,

kontaminasi kotoran dari hewan yang ada di lingkungan kolam renang, serta kontaminasi kotoran yang terdapat pada sumber air yang digunakan sebagai air kolam renang. Adanya kontaminasi kotoran tersebut akan menyebabkan tingginya kandungan mikrobiologis dalam air kolam renang yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan pengguna kolam renang.
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah dan membunuh mikroorganisme patogen dalam air kolam renang adalah dengan desinfeksi menggunakan metode klorinasi. Petugas kesehatan dari puskesmas binuang melakukan pemeriksaan sebuah kolem renang yang berada di desa Cakung kecamatan binuang dalam pemeriksaan petugas mendapatkan kolem renang yang tidak di kasih klorinasi dan kolem renang keruh. Maka dari itu kolem renang ini tidak layak untuk di gunakan sebagai tempat untuk berenang. Karna di dalam kolem renang terdapat bakteri yang akan menimbulkan penyakit.
Setelah di lakukan pemeriksaan petugas memberikan himbawan kepada pemilik kolem renang untuk memperbaiki dan memberi klorinasi ke kolemrenangnya agar dapat di gunakan untuk tempat berenang.

kolem renang 2

kolem renang 3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta