Agenda Acara

No events found
 
 

Orientasi Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Bagi 326 Kader di Kabupaten Serang

WhatsApp Image 2019-06-26 at 12.45.33 (4).jpegKesehatan jiwa sama halnya dengan kesehatan fisik, dan apabila tidak ditangani dengan tepat gangguan jiwa dapat mengancam kehidupan seseorang. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang kesehatan jiwa, mendorong kementerian kesehatan dalam upaya optimalisasi pengendalian kasus kejiwaan dengan pertimbangan berbagai keterbatasan yaitu melalui pemberdayaan masyarakat.

Seksi PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Serang dalam rangka mendukung kebijakan tersebut melalui anggaran DAK, Rabu 26 Juni 2019 mengundang 326 kader serta 31 petugas kesehatan jiwa (Keswa) untuk mengikuti Orientasi Deteksi Dini Kesehatan Jiwa dengan narasumber dari RSJ Soeharto Herjan/Grogol Jakarta. Untuk efektivitas, pertemuan tersebut dibagi menjadi 2 angkatan yaitu tanggal 26 dan 27 Juni 2019 di aula dinas kesehatan.

 Menurut Stuart (2016), gangguan jiwa adalah gangguan otak yang ditandai oleh terganggunya emosi, proses berpikir, perilaku, dan persepsi (penangkapan panca indera). Mengingat besarnya dampak dari gangguan jiwa tersebut, pemerintah mengeluarkan aturan tentang kesehatan jiwa melalui  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa.

Agar peserta aktif, dalam pertemuan tersebut selain pemberian materi, tanya jawab, peserta juga diajak untuk melakukan peregangan setiap 2 jam sekali dan gerakan serta kata-kata penyemangat. Materi pertemuan mencakup pemahaman tentang kesehatan jiwa, gangguan jiwa dan cara mendeteksi kelainan sedini mungkin, serta peran kader dan petugas puskesmas dalam penanggulangan masalah kesehatan jiwa.    

Diharapkan, dengan pertemuan tersebut setiap desa memiliki kader jiwa sehingga peran dalam deteksi dini kesehatan jiwa di tingkat masyarakat, pelaporan pasien jiwa dipasung dan kerja sama dengan petugas PTM di puskesmas dapat optimal. Upaya kesehatan jiwa masyarakat dilaksanakan dengan prinsip holistik, komprehensif, paripurna dan berkesinambungan untuk seluruh usia dan berbagai masalah kesehatan jiwa. 

WhatsApp Image 2019-06-26 at 12.45.34 (2).jpeg

WhatsApp Image 2019-06-26 at 12.45.33 (2).jpeg


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta