Kegiatan penyuluhan isi piringku di SDN Teras Bendung 4 Kecamatan Lebak Wangi

Kegiatan Penyuluhan Isi Piringku 1Kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal slogan “4 Sehat 5 Sempurna” sebagai pedoman untuk memenuhi gizi yang seimbang. 4 Sehat 5 Sempurna terdiri dari makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Namun, konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang dulu sempat digaungkan oleh pemerintah ini ternyata sudah dianggap tidak lagi sesuai, karena pedoman makan ini malah bisa menjadi tidak sehat bila porsi dan gizinya tidak seimbang. Misalnya, bila seseorang menerapkan 4 Sehat 5 Sempurna, tapi dengan porsi nasi yang lebih banyak dari lauk dan sayur, maka orang tersebut tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, Pemerintah melalui menteri kesehatan menggencarkan kampanye Isi Piringku sebagai pengganti konsep empat sehat lima sempurna yang selama ini dikenal masyarakat. Isi Piringku merupakan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang. 

Mengingat begitu pentingnya makanan yang kita konsumsi dan masuk ke dalam tubuh akan sangat mempengaruhi sistem di dalam tubuh, dan lebih jauh akan menentukan status kesehatan individu baik saat ini dan masa selanjutnya oleh karena itu perlu pengetahuan dari dini untuk anak-anak sekolah tentang makanan yang bergizi salah satunya ditempuh dengan cara memberikan penyuluhan tentang isi piringku. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan oleh petugas Pelaksana kegiatan Promkes dan Gizi dari puskesmas lebak wangi dinas kesehatan kab. Serang di Di SDN Teras Bendung 4, kec. Lebak wangi pada hari selasa, Tanggal 14 Mei 2019. Kegiatan ini dilakukan agar siswa-siswi dapat mengetahui aneka makanan bergizi dan konsep dari isi piringku itu sendiri.


Konsep isi piringku adalah Setengah porsi piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna, Seperempat piring makan diisi dengan protein, Bisa diisi ikan, ayam atau kacang-kacangan, batasi konsumsi daging merah ataupun daging olahan, Seperempat piring makan dipenuhi dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, nasi merah, gandum utuh, atau pasta. Hati-hati dalam pemilihan sumber karbo, misalnya roti atau beras putih karena kandungan gulanya tergolong tinggi. Dengan demikian, para siswa dan siswi diharapkan dapat membatasi konsumsi karbohidrat serta lebih banyak mengonsumsi serat dan vitamin, sehingga risiko masalah kesehatan untuk jangka panjang seperti diabetes dan obesitas pun bisa berkurang. Selain itu hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan yaitu jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Kegiatan Penyuluhan Isi Piringku 3

Kegiatan Penyuluhan Isi Piringku 2