Agenda Acara

No events found
 
 

Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Instansi Tempat Kerja di Polsek Tanara

phbs polsek 1Perilaku hidup bersih dan sehat atau di singkat PHBS merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa kita upayakan dari tidak sehat serta menciptakan linkungan yang sehat. Hidup bersih dan sehat di tempat kerja, bekerja dengan tubuh dan linkungan yang sehat merupakan hal yang diinginkan dan hak asasi setiap pekerja, karena itu menjadi kewajiban semua pihak untuk ikut memelihara, menjaga dan mempertahankan kesehatan pekerja agar tetap sehat dan produktif dengan melaksanakan pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja. PHBS di tempat kerja adalah upaya untuk memberdayakan para pekerja agar tahu, mau dan mampu mempraktikan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan Tempat Kerja Sehat.

Kegiatan Pembinaan PHBS di instansi tempat kerja ini dilakukan di polsek Tanara pada hari Jum’at tanggal 15 maret 2019, petugas kesehatan yang memberikan pembinaan PHBS ini berasal dari puskesmas Tanara yang terdiri dari : 1 orang penanggung jawab promkes, 1 orang petugas kesling, dan satu orang pelaksana promkes. Dalam kegiatan pembinaan PHBS ini petugas

kesehatan menyampaikan pentingnya 9 indikator PHBS di tempat kerja, yaitu :
1. Tidak merokok di tempat kerja
2. Membeli dan mengkonsumsi makanan dari tempat kerja.
3. Melakukan olahraga secara teratur/aktivitas fisik
4. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan dan sesudah buang air besar dan buang air kecil
5. Memberantas jentik nyamuk di tempat kerja.
6. Menggunakan air bersih.
7. Menggunakan jamban saat buang air kecil dan besar.
8. Membuang sampah pada tempatnya.
9. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan.
Apabila 9 indikator PHBS di tempat kerja dilakukan, maka akan diperoleh beberapa manfaat, diantaranya : Mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja, meningkatkan produktivitas kerja, menciptakan lingkungan kerja yang sehat, menurunkan angka absensi tanaga kerja, menurunkan angka penyakit akibat kerja dan lingkungan kerja, memberikan dampak yang postif terhadap lingkungan kerja dan masyarakat, dan memberikan tempat kerja yang nyaman serta bersih. Agar program PHBS dapat berjalan secara efektif dan efisien maka diperlukan adanya dukungan positif dari semua pihak, serta memberi informasi bahwa adanya larangan KTR di tempat kerja dan kebersihan lingkungan yg harus tetap terjaga.

phbs polsek 2


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

virus covid19

 

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta