Agenda Acara

No events found
 
 

Penyuluhan Kelas Ibu hamil dan posyandu Desa Cerukcuk Kecamatan Tanara

Penyuluhan kelas ibu 1Penyuluhan pada kelas ibu hamil sangat penting diberikan kepada ibu hamil apalagi di usia kehamilan yang sudah menjelang 9 bulan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan sang ibu untuk dapat menghadapi proses persalinan dengan lancar, tidak stress atau tidak panik, begitu juga setelah bayi dalam kandungan lahir sampe balita maka perlu memperoleh pelayanan kesehatan, Dimana pelayana kesehatan yang diberikan dengan cara posyandu (pos pelayanan terpadu) yang merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran (Depkes RI, 2009). Sedangkan Posyandu sendiri memiliki pengertian wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait (Departemen Kesehatan RI. 2006).

Kegiatan Penyuluhan kelas ibu hamil ini dilakukan oleh petugas kesehatan dari puskesmas tanara pada hari rabu tanggal 12 juni 2019 yang bertempat di Desa Cerukcuk kecamatan tanara, kegiatan ini diikuti oleh 20 orang ibu hamil dan bayi/balita. Pemberian materi dilaksanakan dengan metode diskusi. Hal ini bertujuan agar setiap ibu hamil dapat bertanya dan mengungkapkan pendapat mengenai pengalaman kehamilannya masing-masing. Para ibu hamil juga menjadikan momen ini sebagai sarana untuk konsultasi kehamilan, Adapun kegiatan posyandu yang dilakukan meliputi : pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, pemberian pil tambah darah (ibu hamil), pemberian vitamin A, pemberian makanan tambahan (PMT), imunisasi, dan penimbangan balita.


Tujuan kegaiatan penyuluhan kelas ibu hamil diantaranya yaitu meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran. Adapun manfaat kelas ibu hamil bagi ibu hamil dan keluarganya yaitu merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, mampu mempraktekkan, serta membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman. Tujuan Posyandu antara lain menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera, berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Penyuluhan kelas ibu 2

Penyuluhan kelas ibu 3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta