Agenda Acara

No events found
 
 

Sosialisasi dan Pemeriksaan Ibu Resti Hamil di Desa Ragas Masigit Kecamatan Carenang

Bumil Resti 2Kehamilan dengan resiko tinggi mengakibatkan bahaya dan komplikasi lebih besar dibanding ibu hamil biasa yang dapat mengancam kejiwaan ibu dan janin, angka Kematian Ibu dan bayi merupakan tolak ukur dalam menilai derajat kesehatan suatu bangsa, oleh karena itu pemerintah sangat menekankan untuk menurunkan dengan melalui program-program kesehatan salah satu bentuk upaya pemeliharaan kesehatan ibu hamil adalah pemeriksaan kehamilan di tenaga kesehatan. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin akan menolong ibu hamil untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan ibu & janinnya. 

Kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan kepada ibu Resti hamil ini dilaksanakan di Balai Desa Ragas Masigit kecamatan Carenang pada hari kamis 16 mei 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh camat Carenang beserta jajarannya, selain itu dihadiri oleh Kepala puskesmas Carenang, bidan desa, petugas promkes, petugas gizi, para kader, bidkor, dan para ibu hamil. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 59 orang ibu hamil. Dalam sosialisasi tersebut kegiatan yang dilakukan antaralain : menanyakan kepada para ibu hamil mengenai kebiasaan buruk dan kesulitan saat kehamilan sebelumnya, dampak yang terjadi pada ibu dan bayi, serta pemberian materi yang terdiri dari : pencegahan kehamilan risti , tanda dan gejala bahaya kehamilan serta bagaimana cara agar dilaksanakan kehamilan yang aman dan sehat agar ibu dan bayi sehat saat persalinan dan masa nifas.

Pengelompokan kategori yang termasuk ibu resiko tinggi hamil yaitu berdasar usia kehamilan yang terlalu tua atau terlalu muda, terlalu banyak anak, jarak melahirkan yang terlalu renggang dan terlalu jauh, adapun upaya pencegahan untuk mencegah untuk ibu resiko tinggi hamil yaitu :
1) Rajin menjaga kebugaran tubuh, Anda tak perlu terlalu khawatir. Karena, Anda tetap bisa melahirkan secara normal. Anda dan bayi pun akan sehat-sehat saja.
2) Berkonsultasi kepada dokter mengenai asupan gizi yang perlu bagi kesehatan kehamilan. Jangan lupakan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumi makanan sehat bernutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin dalam perut.
3) Karena adanya sejumlah risiko komplikasi ini, Anda yang berusia 35 tahun ke atas cukup besar kemungkinannya untuk melahirkan secara Caesar.
4) Sejumlah resiko di atas tetap dapat diminimalkan dengan berkonsultasi secara intensif dengan dokter kandungan.
5) Ibu hamil dengan usia beresiko lebih sering melakukan pemeriksaan dan konsultasi. Segeralah melakuan screening atau tes untuk mencegah atau mengurangi resiko yang membahayakan ibu dan anak. Pemeriksaan yang bisa dilakukan seperti, USG, Triple Test dengan mengambil sampel darah, Nuchal Translucency yang mengukur ketebalan belakang leher janin, dan Amniocentesis yaitu pengambilan cairan ketuban dari dalam rahim, yang selanjutnya dikirim ke laboratorium genetik untuk dilihat adakah kelebihan atau kelainan kromosom.
6) Disarankan untuk mengonsumi minuman suplemen asam folat dan rajin mengunjungi dokter spesialis kandungan.
7) Melakukan olahraga low impact juga bisa dilakukan untuk melatih stamina selama menjalani kehamilan
Dengan adanya sosialisasi mengenai pemeriksaan ibu resti hamil diharapkan masyarakat harus rajin dan mau melakukan perawatan & pemeriksaan ke puskesmas/posyandu/pusling dengan rutin agar ibu dan bayi lahir sehat dan selamat, selain kegiatan sosialisasi pemeriksaan ibu resti hamil, para petugas kesehatan juga membantu masyarakat desa Ragas Masigit untuk membuatkan bpjs.

Bumil Resti 3

Bumil Resti 1


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta