Agenda Acara

No events found
 
 

Kegiatan Kunjungan Rumah PHBS dan PIS-PK

PIS PK 1Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat masih sulit diterapkan. Dari 10 indikator PHBS di masyarakat, beberapa indikator sulit diterapkan di masyarakat, seperti tidak merokok didalam ruangan, mencuci tangan pakai sabun, dan menggunakan jamban.

PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktikkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu tatanan rumah tangga sehat dapat diwujudkan dengan perilaku sehat dan lingkungan sehat.

 

Menurut Kepala Seksi Promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, drg. Zatining, sulitnya menerapkan PHBS di masyarakat karena rendahnya kesadaran dari masyarakat mengenai dampak apabila tidak hidup sehat.

“Pola pikir masyarakat yang serba instan, dan tidak mau ambil peduli, membuat penerapan PHBS sulit dilakukan,”

Selain itu, kendala pengembangan PHBS justru dari pemerintah baik pihak kecamatan, maupun UPTD Kesehatan. Pada umumnya, penilaian atau survei lapangan yang dikembalikan kepada pemerintah kecamatan dan UPTD tidak dilanjutkan kepada pihak desa, sebingga terkadang pihak desa tidak mengetahui kekurangan dalam penerapan PHBS di wilayahnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai solusi dari masalah kesehatan di masyarakat yaitu dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat yang dilatih langsung oleh dinas kesehatan atau puskesmas secara berkala guna menjadi kader PHBS yang dapat mandiri mengatur dan mengelola manajemen PHBS di lingkungan tempat tinggalnya sendiri.

Maka dari Itu Dinas Kesehatan Selalu Berusaha dan terus berusaha untuk melakukan Kunjungan Ke Rumah-rumah untuk melakukan Sosialisasi, dan Pemberian Informasi Mengenai PHBS di seluruh Kecamatan Kabupaten Serang Melalui Setiap Puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Serang.

Pada Hari ini 11 Januari 2019 di lakukan kegiatan Kunjungan Rumah PHBS yang di lakukan Oleh Puskesmas Pulo Ampel dan desa yang akan di lakukan kunjungan adalah Ds. Argawana Kp. Buntalan rt/rw 17/09 Kec. Pulo Ampel 12 Rumah yang di targetkan pada hari ini.

Setelah di lakukan penyuluhan kepada 12 Rumah Tersebut Kelurga yang di berikan informasi memahami PHBS dan 10 Indikator PHBS yang harus di lakukan di kehidupan sehari-hari.

PIS PK 2


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta