Agenda Acara

No events found
 
 

Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Margasana Kecamatan Kramatwatu

STBM MargasariPada tanggal 19 Juni 2019 Faskab STBM Dinas Kesehatan Kabupaten Serang bersama sanitarian Puskesmas Kramatwatu melaksanakan Pemicuan di Kampung Kadipan Desa Margasana. Masyarakat masih beranggapan bahwa membangun jamban memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pola pemikiran ini lah yang saat ini tengah diubah dengan kegiatan pemicuan yang dilaksanakan di seluruh Desa di Kabupaten Serang. Petugas mengawali kegiatan ini dengan perkenalan, penjelasan maksud dan tujuan, bina suasana dan pemetaan sosial.

Selanjutnya dilakukan transect walk dengan cara mengajak masyarakat setempat untuk berjalan ke lokasi buang air besar sembarangan atau buang sampah sembarangan dan berdiskusi di tempat tersebut, yang diharapkan agar masyarakat akan merasa jijik dan tergugah perasaannya dan terpicu rasa malunya sehingga memiliki keinginan untuk merubah perilaku tidak sehat menjadi berperilaku hidup sehat.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alur kontaminasi air, pelaksanaan puncak pemicuan dan diakhiri dengan pembuatan kontrak sosial. Dari 30 peserta didapatkan sebanyak 4 orang yang terpicu untuk membuat jamban dan akan dilakukan monitoring lebih lanjut oleh sanitarian puskesmas Kramatwatu.

STBM Margasari 2


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta