Agenda Acara

No events found
 
 

Pembinaan Desa P2WKSS

pwsstunting 1P2WKSS merupakan Program Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di desa/kelurahan. Karena itu peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatkan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang Pembangunan di daerah.
P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) adalah program terpadu peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan secara terkoordinasi untuk meningkatkan kualitas keluarga. Dalam rangka mendukung program tersebut Pemerintah Kabupaten Serang pada Tahun 2019, sesuai Peraturan Bupati telah menetapkan Kecamatan Cikande sebagai fokus program P2WKSS dan berdasarkan kriteria ditetapkan 2 desa yang terpilih yaitu Desa Bakung dan Kemurang. Dan dari 2 Desa yang terpilih akan diambil 1 Desa yang lebih baik dalam perkembangannya untuk diikutkan dalam lomba Desa P2WKSS di tingkat Provinsi Banten.

Jum’at 23 Agustus 2019 Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serang melakukan Pembinaan terhadap petugas yang terkait dengan program P2WKSS dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dari hasil pelatihan juga persiapan dalam mengikuti lomba P2WKSS tingkat Provinsi Banten. Dalam pelaksanaannya peserta yang memang sebagian besar terdiri dari kader posyandu diingatkan kembali tentang SIP (Sistem Informasi Posyandu), serta diberikan motivasi agar meningkatkan cakupan posyandu sehingga berdampak terhadap peningkatan strata posyandu.
Dalam keterangannya Ibu Kepala Desa bakung dan Kemurang menjelaskan bahwa selama menjadi desa fokus banyak bantuan yang diterima baik berupa sarana prasarana maupun pelatihan, diantaranya bantuan bibit dan alat pertanian, al-qur’an, mesin jahit dan mesin obras serta pelatihan menjahit, pelatihan membuat hantaran, pelatihan jika ada bencana dan lain-lain. Beliau juga menambahkan bahwa dalam rangka persiapan lomba desa P2WKSS ini tim secara rutin setiap minggu berkumpul untuk persiapan mengikuti lomba.
Lomba desa P2WKSS dilakukan setiap tahun dengan tujuan memberikan penghargaan kepada pelaksana program juga mendorong dan meningkatkan semangat serta prestasi pelaksana program di tingkat Desa guna mencapai tingkat hidup keluarga yang berkualitas yang dilandasi Undang-Undang no. 25 Tahun 2000 "laki-laki dan perempuan memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam mengelola pembangunan".

pwsstunting 2

pwsstunting 3

pwsstunting 4

pwsstunting 6

 


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta