Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring dan Evaluasi UPT Puskesmas Binuang

binuang 1Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 disebutkan bahwa monitoring merupakan suatu kegiatan mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan tertentu, dengan tujuan agar semua data masukan atau informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan tersebut dapat menjadi landasan dalam mengambil keputusan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Sedangkan evaluasi merupakan tahapan yang berkaitan erat dengan kegiatan monitoring, karena kegiatan evaluasi dapat menggunakan data yang disediakan melalui kegiatan monitoring untuk penilaian terhadap sebuah intervensi yang direncanakan, sedang berlangsung ataupun telah selesai.

Senin 2 September 2019 Tim Subbag PE dan Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi UPT Puskesmas Binuang dalam rangka monitoring dan evaluasi. Kegiatan tersebut berlangsung di aula UPT Puskesmas Binuang, tim ditemui oleh Kasubbag TU, Petugas IT dan Petugas ASPAK. Dalam acara ini tim meminta petugas IT, ASPAK dan Kasubbag TU menjelaskan berbagai kendala harapan serta solusi dalam meningkatkan pelayanan puskesmas sehingga memberi rasa puas dan aman kepada masyarakat, sedangkan tim monev menjelaskan tentang menu baru yang terdapat pada aplikasi Simkes-Online dan meminta agar petugas pengelola program yang ada di puskesmas diberikan sosialisasi tentang menu tersebut dan mulai mengisinya.

binuang 2
Kasubbag TU Puskesmas Binuang mengatakan bahwa saat ini puskesmas sedang dalam proses akreditasi. Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas secara berkesinambungan.
Berdasarkan hasil pemantauan pemanfaatan aplikasi Simkes-Online mulai dari ruang pendaftaran sampai dengan obat proses pelaksanaan masih belum sesuai ketentuan yang disepakati, sedangkan untuk pendokumentasian baik dokumen perencanaan maupun evaluasi sedang dalam proses penyelesaian. Pada kesempatan tersebut tim juga meminta agar puskesmas membuat pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) minimal setiap 3 bulan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta