Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring dan Evaluasi UPT Puskesmas Bojonegara

bojonegara 1

Selasa 27 Agustus 2019 Tim Subbag PE dan Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi UPT Puskesmas Bojonegara dalam rangka monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung telah sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang berlaku serta upaya perbaikan atau rancangan tindak lanjut dalam pencapaian target kinerja.
Kegiatan monitoring ini berlangsung di aula UPT Puskesmas Bojonegara, tim ditemui oleh Kasubbag TU, Petugas IT dan Petugas ASPAK. Dalam acara ini tim meminta petugas IT, ASPAK dan Kasubbag TU menjelaskan berbagai kendala harapan serta solusi dalam meningkatkan pelayanan puskesmas sehingga memberi rasa puas dan aman kepada masyarakat, sedangkan tim monev menjelaskan tentang menu baru yang terdapat pada aplikasi Simkes-Online dan meminta agar petugas pengelola program yang ada di puskesmas diberikan sosialisasi tentang menu tersebut dan mulai mengisinya.
Simkes-Online merupakan aplikasi yang dinamis, dan pada tahun ini tim IT Dinas Kesehatan Kabupaten Serang telah mengembangkan sistem pencatatan dan pelaporan untuk program upaya kesehatan masyarakat, hal ini dilakukan agar dalam proses memperoleh data lebih mudah dan data yang diperoleh lebih akurat serta kedepan diharapkan permasalahan dalam proses pengumpulan data dapat diminimalisir.

Dalam keterangannya Kasubbag TU UPT Puskesmas Bojonegara menjelaskan bahwa petugas selama proses pelayanan berupaya menggunakan aplikasi Simkes-Online, hal ini dilakukan selain membiasakan hal baru juga untuk mendapatkan data agar lebih akurat. Beliau juga menambahkan bahwa bila proses pencatatan dan pelaporan sudah berjalan apalagi berbasis elektronik maka akan banyak hal yang dapat dihemat seperti penggunaan Alat Tulis Kantor (ATK).
Berdasarkan hasil pemantauan pemanfaatan aplikasi Simkes-Online mulai dari ruang pendaftaran sampai dengan obat proses pelaksanaan sudah sesuai ketentuan yang disepakati, sedangkan untuk pendokumentasian baik dokumen perencanaan maupun evaluasi sudah tersedia. Pada kesempatan tersebut tim juga meminta agar puskesmas membuat pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) minimal setiap 3 bulan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

bojonegara 2

 


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta