Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring dan Evaluasi UPT Puskesmas Pematang

Pematang 1Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program/memantau perubahan yang fokus pada proses dan keluaran. Sedangkan evaluasi adalah penggunaan metode penelitian sosial untuk secara sistematis menginvestigasi efektifitas program/menilai kontribusi program terhadap perubahan (Goal/objektif) dan menilai kebutuhan perbaikan, kelanjutan atau perluasan program (rekomendasi).

Rabu 11 September 2019 Tim Subbag PE dan Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi UPT Puskesmas Pematang dalam rangka monitoring dan evaluasi. Kegiatan tersebut berlangsung di aula UPT Puskesmas Pematang, tim ditemui oleh Kasubbag TU sekaligus Plt Kepala Puskesmas, Petugas IT dan Petugas ASPAK. Dalam acara ini tim meminta petugas IT, ASPAK dan Kasubbag TU menjelaskan berbagai kendala harapan serta solusi dalam meningkatkan pelayanan puskesmas sehingga memberi rasa puas dan aman kepada masyarakat, sedangkan tim monev menjelaskan tentang menu baru yang terdapat pada aplikasi Simkes-Online dan meminta agar petugas pengelola program yang ada di puskesmas diberikan sosialisasi tentang menu tersebut dan mulai mengisinya.

Pematang 3

Dalam penjelasannya Kasubbag TU mengatakan bahwa puskesmas Pematang saat ini sedang dalam proses akreditasi, dan saat ini Kasubbag TU merangkap tugas sebagai Plt Kepala Puskesmas yang tentu saja akan menambah beban kerja. Akreditasi puskesmas merupakan upaya dalam meningkatkan pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko.

Berdasarkan hasil pemantauan pemanfaatan aplikasi Simkes-Online mulai dari ruang pendaftaran sampai dengan obat proses pelaksanaan masih belum sesuai ketentuan yang disepakati, sedangkan untuk pendokumentasian baik dokumen perencanaan maupun evaluasi sedang dalam proses penyelesaian. Pada kesempatan tersebut tim juga meminta agar puskesmas membuat pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) minimal setiap 3 bulan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

 


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta