Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring dan Evaluasi UPT Puskesmas Ciomas

Senin 16 September 2019 Tim Subbag PE dan Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi UPT Puskesmas Ciomas dalam rangka monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung telah sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang berlaku dan apakah sumber daya yang ada sudah dimanfaatkan secara maksimal serta upaya perbaikan atau rancangan tindak lanjut dalam pencapaian target kinerja.

WhatsApp Image 2019-09-20 at 12.26.58.jpeg

Tim diterima oleh Kepala Puskesmas, Kasubbag TU dan petugas IT di ruang Kepala Puskesmas, dan pada awal kegiatan tim menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan monitoring serta menyerahkan tools yang menjadi fokus kegiatan monitoring dan evaluasi Subbag PE dan Infokes saat ini.

Dalam penjelasannya Kepala UPT Puskesmas Ciomas mengatakan bahwa saat ini untuk pemanfaatan aplikasi Simkes belum maksimal karena ketersediaan fasilitas pendukung yang belum maksimal, dan pada kesempatan tersebut tim menjelaskan menu baru yang terdapat dalam aplikasi Simkes-Online yaitu pencatatan dan pelaporan untuk Program Upaya Kesehatan Masyarakat dan meminta petugas pengelola program UKM yang ada di puskesmas untuk mulai entry pelaporan pada aplikasi tersebut.

Setelah dilakukan pemantauan pada pemanfaatan aplikasi maupun ketersediaan dokumen dapat disimpulkan bahwa untuk kegiatan entry pada aplikasi Simkes-Online saat pelayanan masih kurang sesuai, hal ini dikarenakan prasarana serta ketersediaan petugas jaga dengan jumlah pasien berkunjung tidak sebanding. Sedangkan untuk ketersediaan dokumen sudah sesuai karena puskesmas sudah terakreditasi. Pada akhir kegiatan tim meminta agar puskesmas membuat laporan evaluasi cakupan Standar Pelayanan Minimal (SPM) minimal tiga bulan sekali sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019.


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta