Agenda Acara

No events found
 
 

KEGIATAN DESK INFO BAGI FASYANKES DAN KLINIK PRAKTEK MANDIRI SWASTA/ DOKTER PRAKTEK SWASTA DINAS KABUPATEN SERANG TAHUN 2019

Desk Info Fasyankes 3Penyakit Tuberkulosis (TB) saat ini di Indonesia menduduki peringkat ke tiga terbanyak di dunia setelah Cina, TB masih menjadi masalah kesehatan prioritas global karena menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia.Sejalan dengan meningkatnya kasus TB, pada awal tahun 1990an WHO mengembangkan strategi pengendalian TB yang dikenal sebagai Strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course). Strategi DOTS terdiri dari 5 komponen kunci, yaitu: komitmen politis dengan peningkatan dan kesinambungan pendanaan, penemuan kasus melalui pemeriksaan dahak mikroskopis yang terjamin mutunya, pengobatan yang standar dengan supervisi dan dukungan bagi pasien, sistem pengelolaan dan ketersediaan OAT yang efektif, sistem monitoring pencatatan dan pelaporan yang mampu memberikan penilaian terhadap hasil pengobatan pasien dan kinerja program.

             Fokus utama DOTS adalah penemuan dan penyembuhan pasien, prioritas diberikan kepada pasien TB tipe menular, strategi ini akan memutuskan rantai penularan TBC dan dengan demikian menurunkan insidens TBC di masyarakat. Menemukan dan menyembuhkan pasien cara terbaik dalam upaya pencegahan penularan TBC.

Pengendalian Penyakit Tuberkulosis di Kabupaten Serang terus berjalan baik di Puskesmas, Rumah Sakit maupun klinik swasta dan selalu berupaya untuk meningkatkan kemajuan dari tahun ke tahun, Pengendalian Program TB Paru dengan menggunakan sistem DOTS di Kabupaten Serang baru berjalan di 31 Puskesmas, 1 RS Pemerintah dan 2 Rumah Sakit swasta serta 1 klinik Swasta (klinik sapta medika PT.Nikomas). masih banyak klinik dan dokter praktek swasta yang belum menerapkan tatalaksana pengobatan TBC sesuai dengan strandar DOTS.

            Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Pengendalian TB di Kabupaten Serang yaitu Angka penemuan semua kasus TBC (Case Detection Rate) Tahun 2018 66.2% (target 70%) dan angka keberhasilan pengobatan Tahun 2018 sebesar 96.5% (target 90%), hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan kembali, namun kenyataannya masalah masih harus terus dihadapi seperti adanya kematian yang berhubungan dengan penyakit TB, oleh karena itu perlu kiranya diadakan perluasan dan peningkatan kualitas pelayanan TB dengan strategi DOTS yang sudah direkomendasikan oleh WHO dan diterapkan di seluruh Indonesia.

            Desk Info Fasyankes 4Kegiatan Desk Info ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 17 Juni 2019 di aula belakang Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang dihadiri oleh Dokter & perawat klinik swasta di Wilayah Kabupaten Serang sebanyak 72 Peserta, Narasumber kegiatan Desk info bagi fasyankes dan klinik praktek mandiri swasta/Dokter praktek swasta berasal dari dokter Spesialis Paru dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Dengan diadakannya pertemuan kegiatan desk info ini diharapkan meningkatnya kualitas pelayanan pengendalian TB dengan Strategi DOTS di Kabupaten Serang, selain itu agar bertujuan untuk :

  • Dokter dan perawat/tenaga paramedis klinik swasta mengetahui dan melaksanakan Strategi DOTS dalam Pengendalian TB baik di Sarana Pelayanan Kesehatan Pemerintah maupun pribadi.
  • Menyebarluaskan Strategi DOTS di tiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan
  • Meningkatkan cakupan Program TBC Paru di Kabupaten Serang
  • Semua Pasien TBC di Kabupaten Serang tercover dan diobati sesuai dengan strategi DOTS.
  • Meningkatnya kualitas pelayanan TBC yang terstandar
  • Menjamin terlaksananya rujukan pelayanan TB dilakukan secara benar

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta