Agenda Acara

No events found
 
 

Kegiatan Desk Info Bagi PMO TBC Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Tahun 2019

             PMO TBC 4Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagian besar Kuman TB menyerang paru tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. TB disebarkan melalui droplet. Pernafasan transmisi timbul akibat kontak erat dengan individu yang terinfeksi kontak dengan pasien yang telah terbukti memiliki TB dalam sputum nya memiliki resiko 25% untuk tertular TB. Sekali batuk dapat menyebarkan sekitar 3.500 kuman dan ketika bersin menyebarkan 4.500-1000.000 kuman yang terkandung dalam percikan dahaknya. Penularan terjadi melalui dahak yang bertahan selama beberapa jam dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari dan lembab. Pengobatan TB bertujuan untuk menyembuhkan pasien, mencegah terjadinya resistensi kuman terhadap Obat Anti Tuberkulosis

            Pengobatan TB paru membutuhkan waktu 6-8 bulan sehingga di mungkinkan pasien tidak patuh dalam menelan obat. Untuk menanggulangi masalah tersebut peran masyarakat sebagai Pengawas Menelan Obat (PMO) sangatlah penting. Diharapkan dengan peran aktif PMO dalam pendampingan di masyarakat akan menurunkan angka Drop out/ Default . peran PMO adalah memastikan penderita menelan minum obat sesuai aturan, mendampingi dan memberikan dukungan moral, mengingatkan pasien menemukan dan mengenali gejala efek samping obat., mengisi kartu control serta memberikan Penyuluhan. PMO diperlukan untuk menjamin keteraturan pengobatan sehingga penderita TB paru sembuh., pengobatan lengkap, tidak droup out/default., dan tidak gagal. Kegagalan pengobatan TB Paru mengakibatkan penderita mengalami MDR.

            Kegiatan Desk info bagi PMO TBC ini dihadiri oleh Kader Puskesmas, Keluarga, Tokoh Masyarakat yang dilakukan pada 4 puskesmas yaitu : Puskesmas Gunungsari, Puskesmas Kramatwatu, Puskesmas mancak, Puskesmas petir dari total 31 puskesmas yang berada di wilayah kabupaten serang, pemilihan 4 puskesmas tersebut dikarenakan terbatasnya anggaran dan pada puskesmas tersebut ada pasien TB MDR atau pasien TB kebal obat oleh karena itu membutuhkan informasi yang lebih dalam lagi mengenai Desk info bagi PMO ini.

Pengobatan TB akan menyembuhkan sebagian besar pasien tanpa memicu munculnya kuman resistan (kebal) obat. Untuk tercapainya hal tersebut, sangat penting dipastikan bahwa pasien menelan seluruh obat yang diberikan sesuai anjuran dengan cara pengawasan langsung oleh seorang PMO (Pengawas Minum Obat, atau sering juga disebut Pengawas Menelan Obat) agar mencegah terjadinya resistensi (kebal) obat. Pilihan tempat pemberian pengobatan sebaiknya disepakati bersama pasien agar dapat memberikan kenyamanan. Pasien bisa memilih datang ke fasilitas kesehatan (puskesmas, RSUD, RS swasta) terdekat dengan kediaman pasien atau PMO datang berkunjung ke rumah pasien. Apabila tidak ada faktor penyulit, pengobatan dapat diberikan secara rawat jalan.

Syarat menjadi Pengawas Minum Obat (PMO) :

  • Seorang PMO harus seseorang yang dikenal, dipercaya dan disetujui, baik oleh petugas kesehatan maupun pasien,
  • PMO harus disegani dan dihormati oleh pasien, sehingga pasien dapat patuh menjalankan instruksi yang diberikan.
  • Seseorang yang tinggal dekat dengan pasien.
  • Bersedia membantu pasien dengan sukarela.
  • Bersedia dilatih dan atau mendapat penyuluhan bersama-sama dengan pasien

PMO TBC 5Tugas seorang PMO bukanlah untuk menggantikan pasien mengambil obat dari tempat berobat. Tugas PMO sangat penting untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien, antara lain adalah:

  • Mengawasi pasien TB agar menelan obat secara teratur sampai selesai pengobatan. Tanpa PMO, pasien rentan drop out, sehingga kuman terlanjur kebal obat dan waktu pengobatan bisa diulang dan lebih panjang.
  • Memberi dorongan kepada pasien agar mau berobat teratur.
  • Mengingatkan pasien untuk periksa ulang dahak pada waktu yang telah ditentukan.
  • Memberi penyuluhan pada anggota keluarga pasien TB yang mempunyai gejala-gejala mencurigakan TB untuk segera memeriksakan diri ke Unit Pelayanan Kesehatan.

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta