Agenda Acara

No events found
 
 

Kegiatan Pembuatan Jamban Sehat Sederhana Desa Singamerta Puskesmas Ciruas Dinas Kesehatan Kab Serang tahun 2019

Pembuatan jamban sehat 4Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik, maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Tujuan pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat 2025 adalah meningkatnya kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud melalui terciptanya masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya yang hidup dengan perilaku dan dalam lingkungan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, secara adil dan merata (Depkes RI, 2008).

Sasaran pembangunan kesehatan adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Dalam upaya mencapai sasaran ini yang utama dilaksanakan sesuai paradigma sehat yaitu upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif guna membangun partisipasi masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya kesehatan yang dilakukan di masyarakat adalah penyediaan sanitasi dasar, salah satu dari beberapa fasilitas sanitasi dasar yang ada di masyarakat adalah jamban. Jamban berguna untuk tempat membuang kotoran manusia sehingga bakteri yang ada dalam kotoran tersebut tidak memenuhi lingkungan, selanjutnya lingkungan akan terlihat bersih indah sehingga mempunyai nilai estetika yang baik (Soeparman, 2003).

 Jamban merupakan fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit. Penggunaan jamban tidak hanya nyaman melainkan juga turut melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan area pemukiman yang ada, masalah mengenai   pembuangan kotoran manusia menjadi meningkat, dilihat dari segi kesehatan masyarakat, masalah pembuangan kotoran manusia merupakan masalah pokok untuk sedini mungkin diatasi (Notoatmodjo, 2003).

Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan pembangunan jamban sehat sederhana, yang bertempat di Desa singamerta pada hari rabu dan kamis tanggal 21 dan 22 agustus 2019 yang artinya proses pengerjaan untuk pembuatan jamban sehat sederhana memrlukan waktu 2 hari, sasaran pembuatan jamban sehat ini adalah untuk desa yang memiliki tingkat akses sanitasi (stop buang air besar sembarangan) yang masih rendah, selain itu sasaran pembuatan jamban sehat sederhana ini diperuntukan untuk keluarga yang kurang mampu. Pembuatan jamban sehat ini tentunya harus sesuai kriteria berdasarkan kementrian kesehatan yaitu : tidak mencemari air, tidak mencemari tanah permukaan, bebas dari serangga, tidak menimbulkan bau dan nyaman digunakan, aman digunakan oleh pemakainya, mudah dibersihkan dan tak menimbulkan gangguan bagi pemakainya , dan tidak menimbulkan pandangan yang kurang sopan.

Pembuatan jamban sehat 2Kegiatan pembangunan jamban sehat ini bertujuan untuk :

  1. Mengedukasi masyarakat sehingga mengerti dan mampu mengimplementasikan untuk membuat jamban sederhana yang sehat
  2. Meningkatkan akses sanitasi stop buang air besar
  3. Agar lingkungan sekitar bersih
  4. Mengurangi timbulnya penyakit berbasis lingkungan
  5. Bertambahnya SDM masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan
  6. Merubah pola pikir masyarakat sekitar bahwa pembuatan jamban sehat sederhana dapat dijangkau dengan biaya sederhana atau tidak mahal seperti dibayangkan sebelumnya.

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta