Agenda Acara

No events found
 
 

Kegiatan Standar Pelayanan LAB TB Fasyankes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Tahun 2019

Lab Fasy 1Indonesia memiliki angka kesakitan tuberculosis yang tinggi nomor tiga di dunia setelah india dan cina. Tuberkulosis merupakan penyakit yang dapat diobati, pasien dengan sediaan dahak positif merupakan sumber utama infeksi di masyarakat. Program Nasional Tuberkulosis mengutamakan diagnosis laboratorium sebagai komponen kunci untuk mendeteksi dan menanggulangi kasus TB, untuk itu kualitas pemeriksaan sediaan yang dilakukan oleh petugas lab TB harus dijaga.

Untuk menjaga kualitas Lab TB setiap triwulan dilakukan uji silang sediaan oleh petugas Lab TB yang dilaksnakan oleh UPT Labrikes, bila terdapat perbedaan pembacaan antara UPT Labrikes dengan dengan Fasyankes dilakukan pembacaan slide bersama antara petugas Lab TB di Fasyankes dan Labrikes dengan tujuan untuk konfIrmasi perbedaan tersebut. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja petugas Lab TB di Fasyankes di wilayah Kabupaten Serang, sehingga Petugas Lab TB di Fasyankes dengan UPT labrikes dinas kesehatan kabupaten serang terjalin komunikasi yang baik, adapun sasaran dari kegiatan ini yaitu petugas di Labrikes dan seksi P2PM yang terkait dengan Program Tuberkulosis. Selain itu tujuan dari kegiatan standar pelayanan lab TB fasyankes antara lain :

  1. Tujuan umum :
  • Sebagai acuan pelaksanaan peningkatan dan pengendalian mutu pelayanan laboratorium TB di setiap fasilitas pelayanan kesehatan.
  1. Tujuan khusus:
  • Sebagai acuan pelaksanaan peningkatan dan pengendalian mutu
  • pelayanan laboratorium mikroskopis TB.
  • Sebagai acuan pelaksanaan peningkatan dan pengendalian mutu
  • pelayanan laboratorium biakan dan uji kepekaan TB.
  • Sebagai acuan pelaksanaan peningkatan dan pengendalian mutu
  • pelayanan laboratorium biomolekuler TB.

Pelayanan laboratorium TB dilakukan berdasarkan kebijakan dan prosedur baku/Standar Prosedur Operasional (SPO) untuk setiap tahap pemeriksaan laboratorium yaitu : persiapan pasien, pengelolaan contoh uji, pemeriksaan dan pelaporan. Seluruh prosedur harus menggunakan metode sesuai standar agar memperoleh hasil pemeriksaan laboratorium TB yang dapat dipercaya, tepat waktu, dan bermanfaat untuk pengelolaan pasien.


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta