Agenda Acara

No events found
 
 

BIMBINGAN DAN PENGAWASAN FASILITAS KESEHATAN SWASTA

sarfasKes 1Dinas kesehatan kabupaten serang melakukan Kegiatan Bimbingan dan Pengawasan Fasilitas Kesehatan swasta yang dilakasnakan dari tanggal 15 – 19 November 2019 di beberapa Puskesmas antaranya puskesmas Pontang, Puskesmas anyer dan Cikande, Peserta yang hadir dalam Kegiatan ini Faskes Swasta dan Petugas Binwas PKM. Kegiatan ini di laksanakan karna Disadari atau tidak, peranan swasta besar andilnya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hasil-hasil kajian yang dilaksanakan tentang perilaku mencari pengobatan oleh masyarakat diluar pelayanan kesehatan oleh pemerintah sangat besar jumlahnya seperti dilakukan oleh dokter swasta, pengobatan altematif, mengobati sendiri dan organisasi profesi kesehatan atau bukan kesehatan dan swasta lainnya.

sarfasKes 2

Sejauh ini pemerintah belum optimal dalam mengiventarisasi, membina dan memantau pelayanan kesehatan serta peran yang diberikan oleh swasta. Sedangkan dalam kebijakan pembangunan kesehatan disebutkan bahwa peran serta masyarakat ditingkatkan, pemerintah memonitor dan memberikan bimbingan pada praktisi tenaga kesehatan agar mutu pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kualitas yang baik. Sebenamya peranyang dapat dilakukan oleh swasta dalam pelayanan kesehatan dapat dilihat dari beberapa aspek/sudut pandang, Dilihat dari aspek tingkatan pemerintahan ada ditingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten sampai ketingkat Desa atau masyarakat.

Dilihat dari aspek jenis peran yang dapat dimainkan bisa dalam bentuk penyampaian pendapat, sebagai penyandang dana, pemberi pelayanan kesehatan atau peyuluh kesehatan. Dilihat dari aspek tahapan manajemen bias berperan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan. Pemantauan dan penilaian. Disamping itu dalam pengembangan peran swasta dalam pelayanan kesehatan dapat berupa menambah peran yang selama ini telah mereka lakukan. Bisa juga tidak menambah peran, tetapi meningkatkan mutu peran yang telah dilakukan swasta seperti melaksanakan program jaminan mutu (quality assurance), menciptakan system rujukan yang lebih baik dan lainnya. Beberapa pengalaman (lesson learns) yang ada dilakukan dibanyak tempat tentang potensi sektor swasta dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

sarfasKes 3


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta