Agenda Acara

No events found
 
 

Perencanaan Re-strukturisasi puskesmas

perencanaan 3

Puskesmas sebagai lembaga yang menyediakan layanan kesehatan perlu memiliki SDM yang mampu memberikan kualitas pelayanan kepada masyarakat, karena kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan. Suatu pelayanan dikatakan berkualitas oleh pasien ditentukan oleh kenyataan jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Peningkatan peralatan saja tidak cukup, tetapi juga memerlukan manajemen selanjutnya yang lebih sesuai.
Kualitas pelayanan kesehatan puskesmas dalam rangka pemenuhan keperluan pelayanan kesehatan masyarakat ditentukan oleh dua faktor. Pertama adalah faktor puskesmas yang berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan dan tingkat kepuasaan pasien. Kedua adalah faktor adanya perubahan (transisi) demografi, epidemiologi, sosio-ekonomi serta nilai dan sikap kritis masyarakat akan menciptakan keperluan-keperluan pelayanan kesehatan yang sangat komplek dan beragam. Dengan demikian, kedudukan dan peran kualitas pelayanan puskesmas sangatlah penting untuk dilaksanakan.
Berdasarkan kutipan di atas maka perlu perencanaan Re-strukturisai puskesmas yang ada di wilayah kabupaten Serang, kegiatan perencanaan Re-strukturisasi ini dilaksanakan pada hari senin-jum’at tanggal 6-10 januari 2020 yang bertempat di Aula II Depan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, kegiatan tersebut membahas mengenai tigal hal yaitu : Pembahasan SDM kesehatan, Verifikasi data Re-registrasi puskesmas tahun 2020, Data perencanaan sarana prasarana TA 2020-2021. Kegiatan perencanaan Re-strukturisasi puskesmas ini diikuti oleh 31 puskesmas yang ada di wilayah kabupaten serang yang di wakili oleh kepala puskesmas dan Kepala TU masing-masing puskesmas, adapun dokumen/data yang diperlukan oleh tiap puskesmas yaitu : Data lengkap SDM kesehatan puskesmas tahun 2019, Data disertai foto lengkap untuk perencanaan/perbaikan sarana prasarana dilingkungan kerja puskesmas.
Dengan adanya perencanaan Re-strukturisasi ini bertujuan agar Pelayanan puskesmas semakin hari akan mengalami kemajuan dan semakin kompleks, baik dari segi pelayanan ataupun sumber daya yang dibutuhkan, selain itu kegiatan ini diharapkan masyarakat mencakup cakupan layanan dapat lebih luas dan menyeluruh, melakukan peningkatan efesiensi dan efektivitas pelaksaan tugas dan tanggung jawab, serta tidak lupa pula tuntutan kebutuhan untuk memenuhi pengurangan tumpang tindih dan duplikasi tugas dan fungsi.

perencanaan

perencanaan 2

 


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta