Agenda Acara

No events found
 
 

Validasi Data TB Fasyankes Se-Kabupaten Serang

PTB

Dalam rangka Penanggulangan Tuberkulosis diperlukan data yang akurat dan berkesinambungan dari hasil kegiatan program di setiap jenjang pelayanan. Untuk mendapatkan data yang lengkap dan akurat tersebut semua Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) harus melaksanakan sesuai standar DOTS yang telah direkomendasikan oleh Kemenkes Pusat maupun WHO. 

Maka diperlukan adanya kegiatan validasi data dari semua fasyankes untuk mendapat laporan baku dalam program P2TB dengan mencocokkan langsung hasil kegiatan/pemeriksaan yang tercatat pada register baku program seperti TB 01, TB 03 UPK, TB 04, TB 06 dan lain lain.

Kegiatan validasi data TB ini dilaksanakan pasa hari selasa dan rabu tanggal 7 s/d 8 Januari 2020 yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, adapun yang mengikuti kegiatan ini yaitu petugas TB Fasyankes Se-Kabupaten Serang. Kegiatan validasi ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu : Evaluasi Program TB tahun 2019, descordance, sosialisasi SITB (Sistem Informasi Tuberkulosis), yang terakhir yaitu validasi data yang dilakukan oleh wasor (Wakil Supervisor) dan DO (Data Officer).

Tujuan dari kegiatan validasi data TB ini yaitu : untuk mendapatkan data TB yang akurat, selain itu untuk mendapatkan kevalidan data dari petugas TB. Kegiatan validasi data TB ini perlu dilakukan karena penyakit Tuberkulosis ini termasuk salah satu indikator yang menyangkut Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan yaitu pelayanan kesehatan orang terduga tuberkulosis sehingga data yang didapatkan harus akurat karena pada akhirnya akan menjadi pealporan dalam 12 indikator standar pelayanan minimal dimana fungsi dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) tersebut salah satunya yaitu sebagai indikator penilaian kinerja Kepala Daerah.

PTB 2

PTB 3


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta