Agenda Acara

No events found
 
 

Rujukan Ibu Hamil PDP Ke RS. Pertamina Jaya Jakarta

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah orang dengan infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu deman (≥°C) atau riwayat demam disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan, dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal.

Rabu 13 Mei 2020 tim PSC 119 Kabupaten Serang bersama petugas puskesmas Pulo Ampel melakukan rujukan pasien ibu hamil cukup bulan anak ke-3 dengan PDP dari RS. Krakatau Medika Kota Cilegon ke RS. Pertamina Jaya Jakarta. Untuk tatalaksana pada pasien hamil, dilakukan terapi suportif dan penyesuaian dengan fisiologi kehamilan. Persalinan darurat dan terminasi kehamilan menjadi tantangan dan perlu kehati-hatian serta mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia kehamilan, kondisi ibu dan janin. Perlu dikonsultasikan ke dokter kandungan, dokter anak dan konsultan intensive care.

Rujuk bumil PDP ke pertamina 1

 

Petugas yang melakukan rujukan PDP harus secara rutin menerapkan kewaspadaan kontak, droplet dan airborne. APD harus diganti setiap menangani pasien yang berbeda dan dibuang dengan benar dalam wadah dengan penutup sesuai dengan peraturan nasional tentang limbah infeksius. Pengemudi ambulans harus terpisah dari kasus (jaga jarak minimal satu meter). Tidak diperlukan APD jika jarak dapat dipertahankan. Bila pengemudi juga harus membantu memindahkan pasien ke ambulans, maka pengemudi harus menggunakan APD yang sesuai. Pengemudi dan perawat pendamping rujukan harus sering membersihkan tangan dengan alkohol dan sabun.

Tiba di RS. Pertamina Jaya Jakarta pukul 10.30 WIB dan pasien dalam kondisi stabil, setelah dilakukan serah terima pasien dengan petugas jaga RS. Pertamina tim PSC kembali ke kantor PSC 119 Kabupaten Serang yang terletak di Jl. Raya Palka No. 16 Desa Sindang Sari Kecamatan Pabuaran Kota Serang-Banten. Tim tiba di kantor PSC tepat pukul 13.00 WIB, petugas dan juga mobil ambulans langsung melakukan desinfektan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Rujuk bumil PDP ke pertamina 2


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta