Agenda Acara

No events found
 
 

Investigasi Kontak TBC di Desa Tambiluk Kecamatan Petir

tbc baru 1Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya yang dapat menyerang manuisa, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri Mycobacterium tuberculosis dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang tersering adalah infeksi tuberkulosis paru-paru, TBC biasanya akan menimbulkan gejala berupa: batuk, dada terasa sakit, dahak ada darahnya, sesak napas, berat badan turun tanpa sebab yang jelas, tidak nafsu makan, mual dan muntah, mudah lelah atau sering lemas.

 

Tuberkulosis memang sangat berbahaya, akan tetapi dapat mencegah jika kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran tuberkulosis yaitu dengan cara investigasi kontak, investigasi kontak ini dilakukan di Desa Tambiluk Kecamatan Petir pada tanggal 31 Mei 2021, oleh petugas kesehatan seksi Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) yang berkoordinasi dengan para kader kesehatan yang ada di Desa.

Investigasi kontak yang ditujukan pada orang-orang yang memiliki kontak dengan pasien TBC untuk menemukan terduga TBC. Nantinya kontak yang terduga TBC akan mengunjungi layanan untuk pemeriksaan lanjutan dan bila terdiagnosis TBC maka akan diberikan pengobatan yang tepat sesuai standar dan sedini mungkin. Kontak investigasi memiliki beberapa manfaat yaitu: meningkatkan penemuan kasus, memutus mata rantai penularan penyakit TBC, meningkatkan capaian SPM, dan meningkatkan capaian CDR atau pengobatan.

tbc baru 2tbc baru 3


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta