Agenda Acara

No events found
 
 

Sosialisasi Keluarga Sehat

Rabu, 28 September 2016 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang seksi Promosi kesehatan dan Peran Serta Masyarakat mengadakan Sosialisasi Keluarga Sehat kepada 12 Puskesmas dan unit kerja yang ada di Dinas Kesehatan, dengan menghadirkan pemateri dari Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan.

Keluarga sehat merupakan rencana strategis kementerian kesehatan 2015-2019 dalam rangka mencapai program Indonesia sehat yang merupakan salah satu dari 9 agenda prioritas (nawa cita) Presiden Jokowi dengan tujuan umum untuk:

  1.  Meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan komprehensif, meliputi pelayanan promotif dan preventif serta pelayanan kuratif dan rehabitatif dasar.
  2. Mendukung pencapaian standar pelayanan minimal Kabupaten melalui peningkatan akses dan skrining kesehatan.
  3. Mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta JKN.
  4. Mendukung tercapainya Kabupaten Sehat dan tujuan program Indonesia Sehat.

Ada 12 indikator dalam keluarga sehat antara lain:

  1. Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak:
  2. Keluarga mengikuti KB
  3. Ibu bersalin di fasilitas kesehatan
  4. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  5. Bayi diberi ASI Eksklusif selama 6 bulan
  6. Pertumbuhan balita dipantau tiap bulan
    1. Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular:
    2. Penderita TB Paru berobat sesuai standar
    3. Penderita hipertensi berobat teratur
    4. Gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan
      1. Perilaku dan Kesehatan Lingkugan:
      2. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
      3. Keluarga memiliki/memakai air bersih
      4. Keluarga memiliki/memakai jamban sehat
      5. Sekeluarga menjadi anggota JKN/Askes

Dalam pertemuan dijelaskan bahwa pada tahun ini hanya 12 puskesmas dari 31 puskesmas yang akan melaksanakan program keluarga sehat, hal ini disesuaikan dengan dana yang tersedia  antara lain:

  1. Puskesmas Mancak
  2. Puskesmas Waringin kurung
  3. Puskesmas Kramatwatu
  4. Puskesmas Ciruas
  5. Puskesmas Pontang
  6. Puskesmas Cikande
  7. Puskesmas Padarincang
  8. Puskesmas Gunung Sari
  9. Puskesmas Cikeusal
  10. Puskesmas Bandung
  11. Puskesmas Lebakwangi
  12. Puskesmas Carenang

dr. Awi pemateri dari Pusdatin Kementerian Kesehatan menjelaskan tentang aplikasi Keluarga Sehat, beliau mengatakan bahwa aplikasi yang digunakan saat ini masih berbasis web dan kedepannya akan dikembangkan menjadi android. Pada pertemuan inipun dibuatkan user name dan password untuk tiap-tiap petugas puskesmas yang nantinya akan melaksanakan entry dari hasil pendataan keluarga sehat yang akan dilakukan di 12 Puskesmas.

Pada akhir pertemuan Kepala Seksi Promosi kesehatan dan Peran Serta Masyarakat drg. Hj. Jatining Estu Astuti membuat kesepakatan dengan peserta untuk rencana tindak lanjut setelah pertemuan sebagai berikut:

  1. Perencanaan di tingkat puskesmas pada minggu pertama Oktober 2016 yang dilaksanakan di Puskesmas dengan penanggung jawab Kepala Puskesmas
  2. Persiapan pelaksanaan kegiatan pendataan pada minggu pertama Oktober 2016 yang dilaksanakan di Puskesmas dengan penanggung jawab Kepala Puskesmas
  3. Pendataan ke rumah sasaran yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober-Desember 2016 dengan penanggung jawab Tim Puskesmas
  4. Analisa, perumusan masalah, intervensi, monitoring dan evaluasi dilakunan pada bulan Oktober 2016 sampai dengan 2017 yang dilaksanakan di Puskesmas dengan penanggung jawab Kepala Puskesmas dan Tim Pembina

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan pendataan keluarga sehat maka database keluarga sehat dapat tersedia sehingga analisis dari prioritas masalah dari masing-masing keluarga dapat diketahui dengan demikian intervensi bisa difokuskan lebih lanjut mulai tingkat Keluarga, RT, RW, Desa, Kecamatan sampai dengan Kabupaten sesuai kebutuhan.

 


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta